Waspada Gendam Saat Mudik, Begini Cara Menghindarinya

Waspada Gendam Saat Mudik, Begini Cara Menghindarinya

foto: targetbuser.wordpress.com

BATAMNEWS.CO.ID-Mudik sudah menjadi rutinitas masyarakat Indonesia. Moda transportasi yang digunakan sangat beragam. Tak dipungkiri jalanan pada dengan berbagai kendaraan.

Selama mudik ada banyak hal yang harus diwaspadai. Terutama untuk pengguna kendaraan bermotor. Risiko yang kemungkinan terjadi saat mudik menggunakan kendaraan umum salah satunya yaitu gendam.

Gendam adalah suatu ilmu ghaib yang dapat mempengaruhi alam bawah sadar manusia menggunakan kekuatan energi batin spiritual / metafisika seseorang, sehingga orang yang terkena ilmu gendam seperti kena sihir dan seketika itu juga korban akan menuruti apa saja keinginan si pemilik ilmu gendam

Target gendam tidak melihat gender, usia, dan status sosial, jadi peru diperhatikan agar tidak menjadi korban gendam. Namun biasanya, pemudik yang kelelahan dan tidak fokus lebih rentan menjadi korban. 

Ada beberapa saran yang perlu Anda cermati agar gendam dapat dihindari.

Kepada detikHealth, dosen Fakultas Psikologi Universitas Pelita Harapan Karel Karsten Himawan memberikan saran agar terhindar dari target korban gendam atau hipnotis.

baca juga:

Tak Lupa Kodrat, Transgender Dinda Syarif Sholat Pakai Sarung

Susi Air Tambah Flight ke Tanjungpinang dan Lingga

 

1. Tingkatkan Kesadaran 

"Yang paling penting ditingkatkan kesadaran dengan lingkungan sekitar. Waspada, peduli dengan lingkungan atau orang sekitar, dan hati-hati dengan orang-orang tidak dikenal yang menawarkan hal-hal baik," ujar Karel.

2. Mintalah Bantuan ke Petugas

Psikolog yang berpraktik di Experiencing Life Foundation (ELF), Gading Serpong ini juga menegaskan bahwa jika membutuhkan bantuan, paling baik jika kepetugas kepolisian atau pihak yang memang bertugas untuk itu.

3. Disarankan untuk Tidak Membawa barang-barang berharga

Untuk barang bawaan, Karel menyarankan agar tidak membawa barang-barang berharga yang berlebihan atau mencolok perhatian pelaku gendam.

"Untuk upaya preventif lebih lanjut, jangan membawa barang berharga yang tidak perlu, termasuk uang tunai, kartu kredit atau atm, dan gadget berlebih," ujar Karel.

4. Tetap Waspada

Soal korban, Karel menyebut siapa saja bisa menjadi korban. Maka langkah yang paling tepat adalah selalu waspada.

"Kondisi paling rentan memang saat lelah atau tidak fokus. Tapi jangan salah, ketika seseorang terlalu fokus pada satu hal juga bisa membuatnya mudah disugestikan," kata Karel.
 

(kin)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews