Jembatan Penghubung Batam-Bintan Dibangun 2018?

Jembatan Penghubung Batam-Bintan Dibangun 2018?

Ilustrasi jembatan (Foto: net)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Jembatan penghubung Pulau Batam dengan Pulau Bintan di Kepulauan Riau semakin dekat terwujud. Pembangunan jembatan itu sudah mulai dibicarakan. 

Bahkan ditargetkan akan mulai dibangun pada tahun 2018. Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) bersama dengan Badan Pengusahaan Kawasan Batam akan merealisasikan pembangunan jembatan tersebut.

Jembatan ini sudah menjadi pembahasan sejak awal pemerintahan SBY di tahun 2004, karena akan berperan penting sebagai salah satu hub tol laut yang masuk dalam program prioritas pembangunan pemerintah saat ini, dan tentu saja akan menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kepulauan Riau. 

Baca juga:

Lukita Bicara soal Rencana Pembangunan Jembatan Batam-Bintan

 

Sampai saat ini, menurut Kemen PUPR, kajian kontur tanah di daerah pembangunan tiang jembatan sudah selesai sehingga pembangunan bisa segera direalisasikan. 

Pembangunan Jembatan Babin (Batam-Bintan) ini rencananya akan dikerjakan dalam tiga tahapan. 

Tahap pertama, jembatan dengan panjang sekitar 7 km dari Batam ke Tanjungsauh sepanjang 2,124 km.  Kemudian dari Tanjungsauh ke Pulau Buau sepanjang 4,056 km dan dari Pulau Buau ke Bintan sepanjang 855,3 meter. 

Sejak beberapa tahun terakhir, BP (Badan Pengusahaan( Batam berupaya mencari investor untuk pembangunan Pelabuhan Tanjungsauh dengan kapasitas 4 juta TEUs. Tanjungsauh diharapkan akan menjadi salah satu pelabuhan untuk menandingi milik Singapura dan Johor Malaysia.

BP Batam juga merencanakan pembangunan jalan tol menghubungkan pelabuhan tersebut dengan sejumlah kawasan industri di Pulau Batam.

Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan pembangunan jembatan Batam-Bintan dapat memudahkan mobilitas barang. 

“Feri memang sudah ada, akan tetapi masih sulit dalam segi mobilitas barang maupun manusia,” ujar Lukita dalam Batam Economics Forum, di Radisson Hotel, Selasa (27/2/2018). 

Selain itu pembangunan jembatan Batam-Bintan dapat mengatasi masalah lahan yang diperuntukan bagi pemukiman, karena saat ini lahan di Batam sudah sulit untuk pemukiman.

(snw)

 

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews