Emma Aulia Zahro, Mahasiswi UMRAH Tanjungpinang Inspirasi Kewirausahaan bagi Generasi Muda

Emma Aulia Zahro, Mahasiswi UMRAH Tanjungpinang Inspirasi Kewirausahaan bagi Generasi Muda

Emma Aulia Zahro (baju hitam). (Foto: istimewa)

Tanjungpinang, Batamnews - Di tengah kesibukan akademisnya sebagai mahasiswi di Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang, Emma Aulia Zahro, gadis berusia 22 tahun ini telah menarik perhatian banyak orang dengan inisiatif kewirausahaannya yang inovatif. 

Tidak hanya berfokus pada studinya, Emma juga aktif mendorong generasi Z di Tanjungpinang untuk memulai berbisnis sejak usia muda.

Dengan memanfaatkan keahliannya, Emma berhasil mendirikan bisnis yang meliputi pembuatan bucket, hampers, dan jasa rias wajah. Usahanya ini berlokasi di Jalan Abadi, Batu 8 Atas, di kos-kosan, di mana dia juga tinggal. 

Melalui usaha ini, Emma tidak hanya mengembangkan bakatnya sendiri, tetapi juga menyediakan produk dan layanan yang diminati oleh masyarakat lokal.

Baca juga: Sosok Alena Wicker, Mahasiswi Kedokteran Termuda Berusia 13 Tahun

Sebagai seorang mahasiswa, Emma aktif berpartisipasi sebagai narasumber di berbagai seminar kewirausahaan yang diadakan di beberapa universitas, termasuk di STAIN Sultan Abdurrahman dan kampusnya sendiri, Umrah. 

Dalam setiap presentasi dan workshop, Emma berbagi pengetahuan serta pengalaman pribadinya dalam mengelola bisnis, termasuk strategi pemasaran digital melalui platform seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp.

"Tentunya cara saya mempromosikan usaha dengan kuatnya era teknologi sekarang, saya harus aktif menggunakan media sosial yang saya punya, seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, dan lainnya. Karena salah satu hal terbesar dalam berbisnis adalah bisa mengelola marketing dalam teknologi yang dimiliki, karena sasaran yang dibutuhkan oleh usaha yang saya kembangkan adalah masyarakat," ujar Emma.

Bisnis ini ia promosikan salah satunya melalui media sosialnya. Jadi buat yang ingin memesan hampers, bucket dan mendapatkan jasa rias wajah dari Emma, bisa memesan via Instagram @hampers_tanjungpinang. Selain itu, bisa juga langsung ke kediamannya di Batu 8 Atas Kota Tanjungpinang.

Baca juga: Kisah Mahasiswi Penyintas Covid di Pulau Galang Batam

Emma mendapat dukungan penuh dari Rektor STAIN Sultan Abdurrahman, Dr. Muhammad Faisal, M.Ag, yang mengakui kontribusi Emma tidak hanya dalam bidang akademis tetapi juga dalam pengembangan sosial ekonomi komunitas lokal. 

"Emma adalah contoh nyata mahasiswa yang tidak hanya berprestasi di bidang akademis, tetapi juga memiliki visi untuk memajukan masyarakat. Kami bangga dengan usahanya dalam menginspirasi dan memotivasi generasi muda untuk berinovasi dan berwirausaha," ujarnya.

Emma berharap inisiatifnya dapat memotivasi lebih banyak pemuda untuk melihat kewirausahaan sebagai jalan untuk membuat perubahan sosial dan ekonomi.

"Peran kampus sangat banyak bagi saya, salah satunya adalah memberikan peluang untuk berbagi pengalaman atau mendapatkan pengalaman yang mungkin sebelumnya belum saya dapatkan. Dengan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh prodi, saya dapat terlibat langsung. Kesempatan ini membuat saya menjadi percaya diri, selalu mendapatkan ilmu baru dari teman-teman, dan saling menerima masukan dalam berbagai hal, khususnya dalam berwirausaha," ujarnya.

Baca juga: Potret Cantik Nadhira Nuraini, Mahasiswi RI Berpidato Kelulusan di Harvard

Melalui berbagai inisiatif dan program yang digagasnya, Emma membuktikan bahwa usia muda bukanlah halangan untuk memulai perubahan dan menciptakan dampak positif bagi masyarakat. Dengan tekad dan inovasi, Emma terus menginspirasi banyak orang untuk berani bermimpi besar dan mewujudkan impian mereka.

Penulis: Aisyah


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews