Pasar Kaget Tiban Batam, Pusat Belanja Ekonomis dengan Keunikan Tersendiri

Pasar Kaget Tiban Batam, Pusat Belanja Ekonomis dengan Keunikan Tersendiri

Warga tampak tengah berbelanja di pasar kaget Tiban. (Foto: Jesika/Batamnews)

Batam, Batamnews - Pasar Kaget Tiban di Batam telah menjelma menjadi pilihan favorit para pembeli yang menginginkan kualitas dengan harga terjangkau. Dibandingkan dengan pasar tradisional lain di sekitarnya, Pasar Kaget Tiban dikenal dengan reputasi harga yang lebih ekonomis. 

Berikut adalah beberapa faktor yang menjelaskan mengapa pasar ini mampu menawarkan harga yang lebih kompetitif.

Pertama, persaingan ketat antar pedagang merupakan faktor utama yang membuat harga di Pasar Kaget Tiban relatif lebih murah. Para pedagang di sini bersaing secara sehat dalam menawarkan berbagai produk mereka, yang pada gilirannya mendorong penurunan harga untuk menarik lebih banyak pelanggan. 

Baca juga: Cari Bumbu Masakan Siap Pakai dan Praktis, Yuk Mampir ke Lapak Bu Reva di Pasar Tiban

"Harga yang ditawarkan di sini memang lebih rendah dibanding pasar lain, membuat saya lebih sering berbelanja di sini," ucap Ani, salah seorang pengunjung setia Pasar Kaget Tiban.

Kedua, lokasi strategis Pasar Kaget Tiban juga turut andil dalam menjaga harga tetap terjangkau. Berada di lokasi yang mudah diakses baik oleh penjual maupun pembeli, biaya operasional untuk pedagang pun menjadi lebih rendah. 

"Dengan biaya operasional yang lebih murah, kami bisa memberikan harga yang lebih baik kepada pelanggan," jelas Joko, pedagang buah segar di pasar tersebut.

Ketiga, dominasi produk lokal dan musiman yang dijual di pasar ini menjadi alasan lain dari harga-harga yang terjangkau. Pedagang di Pasar Kaget Tiban cenderung menjual produk-produk hasil bumi lokal atau hasil panen sendiri, yang tidak melibatkan biaya transportasi yang tinggi atau biaya impor. 

Baca juga: Perjalanan Penjual Tempe di Pasar Tiban Center Batam, Berawal dari Gerobak Kecil

"Produk lokal menjadi kekuatan kami dalam bersaing, sekaligus memungkinkan kami untuk menawarkan harga yang lebih rendah," tambah Retno, penjual sayur-mayur di pasar.

Keberadaan Pasar Kaget Tiban tidak hanya memberikan pilihan berbelanja yang lebih ekonomis bagi masyarakat, tetapi juga membantu mengurangi biaya hidup sehari-hari mereka. Pasar ini menjadi bukti bahwa belanja ekonomis tanpa mengorbankan kualitas masih dapat diwujudkan.

Pasar Kaget Tiban terus berkomitmen untuk menjaga reputasinya sebagai tempat belanja yang tidak hanya ekonomis tapi juga mengedepankan kualitas produk. Bagi masyarakat Batam dan sekitarnya, pasar ini selalu menjadi destinasi yang menarik untuk berbelanja beragam kebutuhan dengan harga yang bersahabat.

Penulis: Jesika Putri Novela


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews