Tiga Unit Bangunan di Meral Karimun Ludes Terbakar, Diduga Akibat Konsleting Listrik

Tiga Unit Bangunan di Meral Karimun Ludes Terbakar, Diduga Akibat Konsleting Listrik

Kebakaran yang menghanguskan tiga unit bangunan di Meral. (Foto: ist)

Karimun, Batamnews - Tiga unit bangunan di Jalan Antena, Kamkong, Kelurahan Meral Kota, Kecamatan Meral, Karimun, hangus dilalap api pada Minggu malam, 23 Juni 2024. Kebakaran hebat ini diduga berasal dari arus pendek listrik di salah satu rumah yang terbakar.

Menurut keterangan saksi di lokasi, Hockly (67), tiga bangunan yang terbakar terdiri dari satu rumah berpenghuni, satu bengkel kapal, dan satu rumah yang tidak berpenghuni. 

"Hanya satu rumah yang berpenghuni oleh dua kepala keluarga. Dua bangunan lainnya adalah bengkel dan rumah kosong," ujar Hockly.

Baca juga: Kejari Karimun Musnahkan 2.990 Karton Rokok Tanpa Cukai, Begini Prosesnya

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini karena rumah berpenghuni sedang kosong saat kebakaran terjadi. "Penghuninya sedang tidak ada di rumah," tambah Hockly.

Hockly juga menjelaskan bahwa api pertama kali muncul dari depan rumah Kien Kwe (55), seorang nelayan, dan dengan cepat menjalar ke bagian belakang, memicu kebakaran yang kemudian merambat ke dua bangunan lainnya. "Api berasal dari meteran listrik dan sangat cepat menjalar ke belakang," katanya.

Hendra Hidayat, Kabid Kebakaran BPBD dan Damkar Karimun, mengungkapkan bahwa proses pemadaman api mengalami kendala karena lokasi yang sempit dan bangunan yang mayoritas terbuat dari kayu, sehingga api cepat menyebar. 

Baca juga: Bupati Karimun Aunur Rafiq Tinjau dan Beri Bantuan Korban Angin Puting Beliung di Desa Lebuh

"Kondisi sempit dan bahan bangunan yang mudah terbakar membuat kami cukup sulit untuk memadamkan api," ungkap Hendra.

Untuk mengatasi kebakaran, diturunkan tiga mobil pemadam kebakaran serta beberapa truk pengangkut air. Petugas pemadam kebakaran bersama warga setempat berusaha keras untuk memadamkan api. Berkat kerjasama yang baik, api berhasil dipadamkan pada pukul 20.05 WIB.

"Alhamdulillah Api berhasil kami padamkan, tidak ada korban luka maupun korban jiwa," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews