Festival Beduk Semarakkan Malam Takbir Idul Adha di Kabupaten Karimun

Festival Beduk Semarakkan Malam Takbir Idul Adha di Kabupaten Karimun

Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun akan menggelar festival beduk yang dijadwalkan berlangsung di Panggung Puteri Kemuning, Coastal Area Karimun. (Foto: ist)

Karimun, Batamnews - Dalam rangka menyemarakan malam takbir Idul Adha 1445 H, Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun akan menggelar festival beduk yang dijadwalkan berlangsung di Panggung Puteri Kemuning, Coastal Area Karimun. Festival ini diharapkan menjadi ajang kreasi dan ekspresi bagi masjid, musala, ormas Islam, dan instansi pemerintah setempat.

Nantinya utusan dari para peserta berjumlah maksimal sebanyak sepuluh orang, dengan kategori usia di atas 7 tahun. Dan wajib melakukan pendaftaran sebelum 14 Juni 2024 mendatang.

"Festival beduk akan digelar secara terpusat di Panggung Puteri Kemuning Coastal Area. Dengan peserta utusan dari seluruh masjid, surau dan musala, OPD, instansi vertikal dan ormas islam se-Kabupaten Karimun," kata Kepala Bagian Kesra Pemkab Karimun, Baginda Malin Siregar.

Baca juga: Terjadi Dugaan Tindakan Hipnotis di Karimun, Pelaku Diamankan Polisi

Bagi yang mengikuti Festival, nantinya akan menampilkan kreasi dan kreativitas peserta dalam memukul beduk. Namun tidak mengurangi makna-makna yang terkandung. Beduk sejak zaman dahulu sudah menjadi satu ciri dari setiap masjid yang digunakan sebagai petanda shalat lima waktu sebelum azan.

"Dengan kegiatan ini kita lestarikan agar digelar setiap tahun dan tidak punah ditelan zaman. Sehingga generasi sekarang bisa mengetahui cara memukul beduk yang sesuai," ujarnya.

Para peserta, wajib memukul beduk dengan lantunan takbir serta waktu yang diberikan dengan durasi 10 menit. Dewan juri melakukan penilaian dengan indikator meliputi kekompakan, intonasi pukulan, vokal dan kefasihan, dan pengusahaan takbir dari para peserta.

Adapun festival beduk para peserta yang menang berhak atas uang pembinaan di antaranya juara I Rp 7 juta, juara II Rp 6 juta, juara III Rp 5 juta dan harapan I sebesar Rp 4 juta.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews