Impian Warga Desa Linau di Lingga Nikmati Jalan Mulus Segera Terwujud, Pemkab Lingga Bangun Bertahap

Impian Warga Desa Linau di Lingga Nikmati Jalan Mulus Segera Terwujud, Pemkab Lingga Bangun Bertahap

Pemkab Lingga akan membangun jalan linau atau tepat di tengah kampungnya sepanjang lebih kurang 1 kilometer. (Foto: Ruzi/Batamnews)

Lingga, Batamnews – Warga Desa Linau, Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), akan segera menikmati jalan mulus di perkampungan mereka. Impian ini akan terwujud berkat upaya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Lingga yang siap membangun jalan aspal di desa tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Binamarga PUTR Kabupaten Lingga, Jeki Amanda, mengkonfirmasi informasi tersebut kepada batamnews.co.id pada Kamis malam, 6 Juni 2024. 

"Iya, tahun ini kita aspal. Lebih kurang sekitar 1 kilometer (km) lah," ujar Jeki.

Baca juga: Masuk Ruas Jalan Provinsi, Dinas PU Lingga Segera Perbaiki Jembatan Kayu Rusak di Desa Musai

Ia menjelaskan bahwa pembangunan jalan aspal ini akan dimulai dari tengah perkampungan di Desa Linau, bukan dari simpang tiga Desa Musai. 

"Nanti pembangunannya dari Linau Atas menuju arah pelabuhan Linau. Jadi di tengah-tengah kampungnya. Lebih kurang 1 km," tambahnya.

Sebelumnya, jalan di Desa Linau merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri). Namun, setelah diterimanya Surat Keputusan (SK) dari Provinsi, kini jalan tersebut menjadi kewenangan Kabupaten Lingga dan dapat dibangun oleh Pemkab Lingga. 

"Sekarang full jalan Linau sudah kabupaten, sebelumnya provinsi," jelas Jeki.

Baca juga: Pemkab Lingga Alokasikan Anggaran APBD 2024 untuk Peningkatan Jalan di Desa Linau

Lebih lanjut, Jeki menyebutkan bahwa jalan tersebut juga telah masuk dalam rencana kerja (Renja) 2025 untuk pengusulan prioritas Dana Alokasi Khusus (DAK). Ia berharap, nantinya seluruh jalan di Desa Linau yang memiliki panjang sekitar 8 kilometer (km) lebih tersebut dapat diaspal sepenuhnya.

Pembukaan akses jalan aspal ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan mobilitas warga Desa Linau, serta mendukung perkembangan ekonomi di perkampungan tersebut. 

Pemkab Lingga berkomitmen untuk terus memperbaiki infrastruktur demi kesejahteraan masyarakat. Dengan terwujudnya jalan mulus ini, kehidupan warga desa akan semakin nyaman dan aktivitas sehari-hari akan lebih lancar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews