5 Rekomendasi Perpustakaan di Batam yang Wajib Dikunjungi Anak Sekolah

5 Rekomendasi Perpustakaan di Batam yang Wajib Dikunjungi Anak Sekolah

Perpustakaan Umum Daerah Kota Batam. (Foto: Aisyah/Batamnews)

Batam, Batamnews - Di tengah kemajuan industri dan teknologi, Batam juga tak ketinggalan dalam menyediakan fasilitas pendidikan dan literasi yang memadai untuk anak-anak. Berikut ini adalah lima perpustakaan di Batam yang wajib dikunjungi oleh anak-anak sekolah, menawarkan bukan hanya koleksi buku yang lengkap tapi juga beragam kegiatan edukatif.

1. Perpustakaan Umum Daerah Kota Batam

Lokasi: Jalan Raja Isa No.17, Lantai 4, Gedung Dinas Bersama Pemerintah Kota Batam

Jam Layanan:
- Senin - Kamis: 07.30-16.00 WIB
- Jumat: 07.30-16.30 WIB
- POCADI (Pojok Baca Digital): Senin - Minggu: 09.15-17.00 WIB

Perpustakaan ini tidak hanya menawarkan koleksi buku yang lengkap tapi juga area khusus anak-anak dan berbagai program literasi serta kegiatan kreatif yang dirancang untuk mengasah minat baca dan kreativitas anak.

2. Perpustakaan Sekolah Global Indo-Asia

Lokasi: Jalan Ahmad Yani Kav. SGIA, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota

Jam Layanan:
- Senin-Jumat: 07.30-15.00 WIB
- Sabtu-Minggu: Tutup

Perpustakaan ini menawarkan fasilitas modern dengan koleksi buku yang beragam dan ruang multimedia yang mendukung pembelajaran interaktif, terbuka untuk umum dan ideal untuk kegiatan belajar anak.

3. Perpustakaan Universitas Internasional Batam (UIB)

Lokasi: 4265+8X2, Jl. Gajah Mada, Baloi Indah, Kec. Lubuk Baja

Perpustakaan universitas yang membuka akses untuk umum ini memiliki koleksi buku anak yang luas serta fasilitas komputer untuk akses sumber belajar online, sering mengadakan program literasi digital.

4. Perpustakaan Sekolah Pelita Utama

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.4/5 Blok A, Kp. Pelita, Kec. Lubuk Baja

Perpustakaan ini terkenal ramah anak dengan koleksi buku cerita dan ensiklopedia yang cocok untuk pembelajaran. Kegiatan seperti sesi bercerita dan workshop kreatif sering diadakan di sini.

5. Perpustakaan MAN Batam

MAN Batam menawarkan koleksi buku pelajaran, pengetahuan umum, dan keagamaan. Berbagai kegiatan literasi seperti lomba membaca puisi dan menulis cerpen juga sering diadakan untuk meningkatkan minat baca siswa.

Dengan mengunjungi perpustakaan-perpustakaan ini, anak-anak di Batam dapat mengembangkan kebiasaan membaca dan menambah wawasan, sekaligus mengikuti kegiatan yang merangsang kreativitas dan kemampuan intelektual. Ayo, ajak anak-anak mengunjungi perpustakaan dan mendukung perkembangan literasi mereka!

Penulis: Aisyah


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews