Pemerintah Tetapkan Iduladha 2024 pada Senin, 17 Juni: Hasil Sidang Isbat 1445 H

Pemerintah Tetapkan Iduladha 2024 pada Senin, 17 Juni: Hasil Sidang Isbat 1445 H

Konferensi Pers Hasil Sidang Isbat Awal Zulhijjah 1445 H/2024 M di Kementerian Agama RI.

Batam, Batamnews – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama menetapkan bahwa Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah jatuh pada Senin, 17 Juni 2024. 

Keputusan ini diambil dalam Sidang Isbat untuk penentuan 1 Dzulhijjah 1445 Hijriah yang digelar bersama sejumlah organisasi massa (Ormas) Islam dan pihak terkait pada Jumat, 7 Juni 2024.

"Sidang Isbat menetapkan 1 Dzulhijjah 1445 Hijriah jatuh pada Sabtu 8 Juni 2024. Sehingga 10 Dzulhijjah, yang merupakan perayaan Iduladha, jatuh pada Senin 17 Juni 2024," kata Wakil Menteri Agama, Saiful Rahmat Dasuki, di Kantor Kemenag Jakarta pada Jumat, 7 Juni 2024.

Baca juga: Warga Batam Harus Tahu! Berikut Panduan Memilih Hewan Kurban yang Sehat dan Bebas Penyakit

Saiful menjelaskan bahwa Tim Rukyatul Hilal Kemenag melakukan pemantauan hilal di sejumlah titik di seluruh Indonesia. Dalam Sidang Isbat, sejumlah Ormas Islam juga turut menyampaikan perspektif mereka mengenai metode hisab dan rukyat.

"Hasil pemantauan hilal di sejumlah titik di Indonesia dinyatakan memenuhi kriteria bulan baru. Sesuai pemantauan hilal tersebut, keputusan ini telah diputuskan dalam Sidang Isbat," tambahnya.

Rangkaian Sidang Isbat dimulai dengan pemaparan perspektif sistem hisab dari berbagai Ormas Islam seperti PBNU, Muhammadiyah, dan Persis. Setelah itu, Tim Rukyatul Hilal Kemenag memaparkan hasil pemantauan hilal dari sejumlah daerah dalam Sidang Isbat tersebut.

Baca juga: Mall Hewan Qurban Kandang Berkah: Penyedia Hewan Kurban Berkualitas di Batam Centre

Penetapan tanggal ini diharapkan dapat memberikan kepastian bagi umat Muslim di Indonesia dalam mempersiapkan perayaan Iduladha, termasuk pelaksanaan ibadah kurban yang menjadi bagian dari perayaan tersebut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews