Indonesia Masuk Final ASEAN Schools Games 2024 Usai Kalahkan Singapura

Indonesia Masuk Final ASEAN Schools Games 2024 Usai Kalahkan Singapura

Tim bola basket putra Indonesia berhasil melaju ke babak final ASEAN Schools Games (ASG) 2024.

Jakarta, Batamnews - Tim bola basket putra Indonesia berhasil melaju ke babak final ASEAN Schools Games (ASG) 2024 setelah mengalahkan Singapura dengan skor 64-55 dalam pertandingan semi final yang berlangsung di Court of Sport Center, The University of Da Nang, Vietnam.

Dalam laporan yang dipantau dari laman Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kamis (6/6), para atlet pelajar Indonesia dijadwalkan akan berhadapan dengan Filipina pada partai puncak yang akan digelar pada Jumat, 7 Juni 2024, besok.

Pelatih tim bola basket putra Indonesia, Rifky Antolyon, mengungkapkan bahwa anak asuhnya sempat mengalami kesulitan di awal pertandingan, sehingga Singapura mampu mengejar angka dan bahkan sempat membalikkan keadaan.

Baca juga: Jonatan Christie Terhenti di Babak Pertama Indonesia Open 2024

"Alhamdulillah hasilnya cukup bagus dan anak-anak terlepas dari kebuntuan. Anak-anak berhasil keluar dari tekanan Singapura sejak kuarter ketiga," kata Rifky.

Tim Merah Putih baru bisa bangkit pada kuarter ketiga setelah melakukan perubahan serta improvisasi permainan, yang berhasil mengatasi tekanan dari Singapura. 

Rifky juga menyampaikan bahwa pertemuan dengan Filipina di final bukanlah yang pertama dalam ajang ini. Sebelumnya, Indonesia pernah melawan Filipina di fase penyisihan Grup A dan kalah dengan skor 57-65.

Laga final nanti juga akan mengulang pertemuan di ASG edisi 2019, di mana Indonesia juga kalah dengan skor 72-84. Oleh karena itu, Rifky berharap para pemain bisa termotivasi lebih tinggi untuk memutus catatan kekalahan sebelumnya.

"Semoga anak-anak bisa revans dan medali emas menjadi milik Indonesia," ujar Rifky.

Pertandingan semi final dimulai dengan ketat sejak kuarter pertama, yang berakhir dengan keunggulan tipis 15-14 untuk Indonesia. Persaingan sengit terus berlanjut di kuarter kedua, di mana Singapura berhasil membalikkan keadaan dan memimpin dengan skor 23-20.

Baca juga: Ribuan Atlet E-Sport Kepri Antusias Ikuti Turnamen HMR Champion 2024

Menghadapi ketertinggalan tersebut, pelatih Rifky menerapkan pergantian strategi yang berhasil menyamakan kedudukan menjadi 32-32, sebelum akhirnya Indonesia memimpin kembali dengan skor 45-39 di akhir kuarter ketiga.

Pada kuarter keempat, Indonesia tetap mempertahankan strategi yang sama dan meskipun Singapura mencoba mengejar, usaha mereka berhasil dibendung oleh para pemain Indonesia. Akhirnya, tim Merah Putih mempertahankan keunggulan dan memenangkan laga semi final dengan skor akhir 64-55.

Dengan kemenangan ini, tim bola basket putra Indonesia siap menghadapi tantangan di partai final dan bertekad untuk meraih medali emas di ASG 2024.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews