Gubernur Ansar Bertemu Wantimpres, Paparkan Progres Perkembangan Jembatan Batam - Bintan

Gubernur Ansar Bertemu Wantimpres, Paparkan Progres Perkembangan Jembatan Batam - Bintan

Gubernur Kepri Ansar Ahmad

Batam, Batamnews - Gubernur Kepri Ansar Ahmad bertemu dengan rombongan Tim Ahli Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang dipimpin langsung Radian, bertempat di Ruang VIP Pelabuhan Punggur Kota Batam, Kamis (6/6). 

Didampingi Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kepri Abu Bakar, pertemuan membahas progres pembangunan jembatan Batam-Bintan yang akan menghubungkan dua wilayah terbesar di Provinsi Kepulauan Riau. 

Dijelaskan Gubernur Ansar, progres pembangunan jembatan Babin sejauh ini, mulai dari prencanaan teknis DED, dokumen lingkungan dan dokumen andalin, izin vertikal clearance, pengadaan lahan dan izin pinjam pakai kawasan hutan, semuanya telah selesai dilakukan.

"Tinggal penyempurnaan DED tekait proses update struktur pondasi, dimana hasil penyelidikan yang dilakukan BPJN Kepri nantinya,  akan diserahkan ke Dinas PUPR Provinsi Kepri  guna dilakukan penyesuaian struktur pondasi terhadap hasil penyelidikan tanah yang terbaru, " jelas Ansar. 

Terkait dengan penyempurnaan DED melalui survey penyelidikan tanah dengan pelaksana kegiatan selaku penyedia jasa yakni PT. Offshore Works Indonesia sendiri, menggunakan lingkup survey penyelidikan baik dari sisi jembatan satu  dan juga sisi jembatan dua.

Untuk sisi jembatan satu sendiri tambah Ansar lagi, pekerjaan mulai difokuskan untuk mendapatkan data tanah, mulai dari indentifikasi parameter tanah untuk fondasi, yang mana surveynya  dilakukan dengan menggunakan metoda geoteknik. 

"Adapun untuk sisi jembatan dua, pekerjaan difokuskan dengan melakukan pemetaan pada kondisi tanah dasar laut. Berikutnya indentifikasi risiko 2,  yang mana metodenya  dilakukan dengan  menggunakan metode geofisika" ujar Gubernur Ansar lagi.

Menurut Gubernur Ansar, nantinya ketika jembatan ini telah selesai dan bisa dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat, tentu akan memberikan dampak luar biasa, bagi peningkatan berbagai kegiatan dan aktifitas antar dua wilayah terbesar yang ada di Kepulauan Riau. 

Sementara itu Radian dari Tim Ahli Wantimpres mengakui, kalau kehadirannya ke Kepri memang untuk melihat secara langsung progres perkembangan jembatan Batam - Bintan. Dimana hasil dari peninjauan tersebut, akan menjadi dasar untuk menyusun pertimbangan dan nesehat langsung ke Presiden Joko Widodo.

"Dengan begitu, nantinya akan ada tindak lanjut terkait arahan langsung presiden, akan keberlanjutan  pekerjaan jembatan Batam - Bintan tersebut" terangnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews