KKSS Kepri Adakan Pelatihan Menanam Padi

KKSS Kepri Adakan Pelatihan Menanam Padi

Pelatihan menanam padi oleh KKSS Kepulauan Riau.

Tanjungpinang, Batamnews - Ketua Badan Pengurus Wilayah (BPW) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Ady Indra Pawennari, mengadakan pelatihan penanaman padi di areal sawah Komplek Paviliun Nusantara, Kelurahan Air Raja, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang, pada Kamis, 6 Juni 2024.

Pelatihan ini bertujuan untuk mengedukasi generasi muda KKSS di Tanjungpinang agar tidak melupakan sejarah nenek moyang mereka di Sulawesi Selatan, yang mayoritas hidup sebagai petani, khususnya dalam budidaya padi di sawah tadah hujan dan irigasi.

Dalam pelatihan tersebut, beberapa pemuda KKSS diajarkan teknik menanam padi dengan benar, dibekali pengetahuan tentang siklus panen, serta beberapa aspek lain tentang pertanian. 

Baca juga: Ady Indra Pawennari Terpilih Sebagai Ketua BPW KKSS Kepri Secara Aklamasi

Ady, yang juga dikenal sebagai pengusaha tambang pasir kuarsa, adalah orang pertama yang memulai penanaman padi di Tanjungpinang sejak 2022, berhasil menanam dan memanen padi di lahan bekas tambang bauksit.

"Saya ingin anak-anak muda KKSS di Kepri tidak melupakan warisan sejarah nenek moyangnya sebagai petani. Meski di Kepri sulit menemukan areal yang layak untuk penanaman padi, tapi jangan menyerah. Ini era inovasi teknologi," ujar Ady.

Para peserta pelatihan yang telah mahir akan dikirim ke Kabupaten Lingga untuk membantu program pemerintah daerah setempat. Harapannya, Kabupaten Lingga dapat menjadi lumbung pangan di Kepri.

Baca juga: Asparnas Kepri Bersama Lion Club Singapura Salurkan Bantuan ke Pelajar dan Panti Asuhan


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews