Dinkes Lingga Gandeng Bapelkes Batam Gelar Pelatihan Kesehatan Jiwa Terpadu, Harapkan ODMK Tertangani dengan Baik

Dinkes Lingga Gandeng Bapelkes Batam Gelar Pelatihan Kesehatan Jiwa Terpadu, Harapkan ODMK Tertangani dengan Baik

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes-PPKB Lingga, Wirawan Trisna Putra (baju coklat), mengungkapkan bahwa pelatihan ini merupakan kerjasama dengan Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Batam. (Foto: ist)

Lingga, Batamnews - Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan mental di Kabupaten Lingga, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) melalui Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit mengadakan Pelatihan Tenaga Kesehatan Terpadu Kesehatan Jiwa. 

Kegiatan ini berlangsung mulai dari tanggal 3 hingga 8 Juni 2024 di Kota Batam.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes-PPKB Lingga, Wirawan Trisna Putra, mengungkapkan bahwa pelatihan ini merupakan kerjasama dengan Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Batam. 

Baca juga: Dinkes-PPKB Lingga Gelar Pelatihan Mikroskopis Malaria, Tingkatkan Kompetensi Tenaga Analis Labor di PKM dan RS

"Tujuan Pelatihan Tenaga Kesehatan Terpadu Kesehatan Jiwa adalah agar puskesmas memiliki tenaga kesehatan terlatih khusus kesehatan jiwa, melaksanakan upaya promotif dan preventif terkait kesehatan jiwa,” ujar Wirawan kepada batamnews.co.id, Kamis, 6 Juni 2024.

Pelatihan ini dirancang untuk memberikan kemampuan kepada para peserta dalam melaksanakan deteksi dini, penegakan diagnosis, serta penatalaksanaan awal dan pengelolaan rujukan kembali bagi kasus gangguan jiwa. Peserta yang mengikuti pelatihan ini meliputi dokter dan perawat yang bertugas di puskesmas se-Kabupaten Lingga.

"Kami berharap dengan adanya pelatihan ini, Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) di Kabupaten Lingga dapat ditangani lebih dini, sehingga pencegahan terhadap kondisi lebih serius yaitu Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) bisa diwujudkan," harap Wirawan.

Baca juga: Dinas Perkim Lingga Bakal Bangun Lapangan Volly di Senempek, Kucurkan Anggaran Lebih Rp100 Juta

Tidak hanya pelatihan kesehatan jiwa, Dinkes-PPKB Lingga juga mengadakan Pelatihan Mikroskopis Malaria yang juga bekerjasama dengan Bapelkes Batam, sebagai bagian dari upaya berkelanjutan dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan kesehatan di kabupaten tersebut.

Dengan inisiatif pelatihan ini, Dinkes-PPKB Lingga berharap dapat membawa perubahan positif dalam penanganan kesehatan mental di wilayahnya, membawa manfaat jangka panjang bagi masyarakat Lingga dalam menghadapi tantangan kesehatan jiwa.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews