Dinkes-PPKB Lingga Gelar Pelatihan Mikroskopis Malaria, Tingkatkan Kompetensi Tenaga Analis Labor di PKM dan RS

Dinkes-PPKB Lingga Gelar Pelatihan Mikroskopis Malaria, Tingkatkan Kompetensi Tenaga Analis Labor di PKM dan RS

Para peserta pelatihan Mikroskopis Malaria yang digelar Dinkes-PPKB Lingga melalui Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. (Foto: istimewa)

Lingga, Batamnews - Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, terutama dalam diagnosa penyakit malaria, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Lingga bekerja sama dengan Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Batam mengadakan Pelatihan Mikroskopis Malaria. Kegiatan ini berlangsung di Bapelkes Batam, dari tanggal 3 sampai 8 Juni 2024.

Pelatihan ini ditujukan khusus kepada tenaga analis laboratorium yang bekerja di puskesmas dan rumah sakit di Kabupaten Lingga. 

"Pelatihan Mikroskopis Malaria ini diikuti oleh tenaga analis laboratorium dari puskesmas dan rumah sakit se-Kabupaten Lingga," jelas Wirawan Trisna Putra, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Dinkes-PPKB Lingga kepada batamnews.co.id, Kamis, 6 Juni 2024.

Baca juga: Dinas Perkim Lingga Bakal Bangun Lapangan Volly di Senempek, Kucurkan Anggaran Lebih Rp100 Juta

Wirawan menyampaikan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja petugas laboratorium di berbagai fasilitas pelayanan kesehatan. Pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dalam penegakan diagnosis penyakit malaria, yang masih menjadi salah satu masalah kesehatan di beberapa daerah di Indonesia.

"Kami berharap dengan adanya tenaga mikroskopis malaria yang terlatih, diagnosa penyakit malaria dapat dilakukan secara lebih akurat dan efektif," tambah Wirawan.

Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya kontinu Dinkes-PPKB Lingga untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di wilayah tersebut, khususnya dalam menghadapi dan mengelola penyakit-penyakit yang memerlukan perhatian khusus seperti malaria. 

Baca juga: Polres Lingga Giatkan Sosialisasi Pencegahan Narkoba di Kalangan Remaja, Kini Sasar Desa Tanjung Kelit

Selain pelatihan mikroskopis malaria, Dinkes-PPKB Lingga juga mengadakan pelatihan terkait kesehatan jiwa, menunjukkan komitmen mereka dalam mengatasi berbagai isu kesehatan di Lingga.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews