Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat Jelang Idul Adha di Batam

Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat Jelang Idul Adha di Batam

Salah satu lokasi peternakan sapi di Batam. (Foto: Keassy/Batamnews)

Batam, Batamnews - Menyambut Idul Adha, umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Batam, bersiap untuk melaksanakan ibadah kurban. Kualitas hewan kurban sangat penting untuk memastikan ibadah berjalan lancar dan daging yang dibagikan berkualitas tinggi. 

Berikut adalah panduan yang disusun untuk membantu Anda memilih hewan kurban yang sehat dan layak.

1. Kondisi Kesehatan Hewan

Faktor utama dalam pemilihan hewan kurban adalah kesehatannya. Hewan harus terbebas dari penyakit dan menunjukkan tanda-tanda kesehatan yang baik, seperti mata yang cerah, hidung yang bersih, serta kulit dan bulu yang bersih dan tidak rontok. Hewan tidak boleh memiliki luka atau cacat fisik yang signifikan.

2. Usia Hewan

Usia hewan juga penting untuk diperhatikan. Sapi yang layak kurban harus berusia minimal dua tahun, sementara kambing minimal satu tahun. Cek gigi seri hewan untuk memastikan usianya sudah memenuhi kriteria.

Baca juga: Menjelang Idul Adha Balai Karantina Laporkan, 7.521 Hewan Kurban Masuk ke Kepri

3. Tingkat Kebugaran

Pastikan hewan memiliki kondisi tubuh yang bugar dan tidak kurus. Hewan yang sehat akan memiliki daging yang cukup tebal di sekitar tulang rusuk dan punggungnya.

4. Asal Usul Hewan

Pilih hewan dari peternakan yang terpercaya. Peternakan yang baik umumnya memberikan perawatan yang berkualitas, termasuk pemberian makanan yang tepat untuk hewan.

5. Perilaku Hewan

Hewan yang sehat biasanya aktif dan responsif. Perhatikan tingkah laku hewan saat diberi makan atau selama interaksi sehari-hari; hewan sehat cenderung memiliki nafsu makan yang baik dan tidak menunjukkan tanda stres.

Pak Udin, seorang penjual sapi dan kambing di Bundaran Lytech Pasir Putih, memberikan wawasan tambahan berdasarkan pengalamannya selama 10 tahun. 

Baca juga: Hukum Kurban Online Menurut Fatwa MUI dalam Hari Raya Idul Adha

"Hewan yang baik untuk kurban adalah yang gemuk, aktif, memiliki bulu yang halus, dan bereaksi dengan cepat saat diberi makan. Sedangkan hewan yang sakit biasanya tampak lemas dan kurang bersemangat," sebut dia.

Memilih hewan kurban yang sehat adalah kunci untuk menjalankan ibadah kurban yang sah dan mendistribusikan daging yang aman untuk konsumsi. Dengan memperhatikan tips di atas, Anda dapat berkontribusi dalam menyebarkan keberkahan di hari raya yang suci ini.

Penulis: Keassy Simanjuntak


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews