Sebanyak 1.311 Jamaah Haji dari Kepri Saat Ini Sudah Berada di Tanah Suci

Sebanyak 1.311 Jamaah Haji dari Kepri Saat Ini Sudah Berada di Tanah Suci

Jamaah Haji asal Kepulauan Riau saat ini sudah berada di Arab Saudi.

Tanjungpinang, Batamnews - Sebanyak 1.311 Jamaah Haji dari Kepulauan Riau saat ini sudah berada di Tanah Suci atau Kota Mekkah dan sedang menunggu puncak pelaksanaan ibadah Haji yakni Berkumpul di Arafah, Mabid di Muzdalifah serta Lempar Jumroh dan tahalul di Mina (Armuzna) nantinya yang akan dilaksanakan mulai tanggal 15 - 21 Juni 2024 atau 8 - 13 Zulhijjah 1445 H.

Jamaah Haji Kloter 1 asal Kepri ini diberangkatkan mulai tanggal 12 Mei 2024 silam dengan jumlah 446 jamaah sudah termasuk petugas didalamnya dan turun melalui Bandara Madinah. Kemudian dilanjutkan kloter 2 di hari berikutnya tanggal 13 Mei 2024 dengan jumlah 445 jamaah. Semuanya berangkat melalui embarkasi Batam dan turun di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) di Madinah.

Sedangkan sisanya berangkat di gelombang II yakni Kloter 15 dari embarkasi Batam dan turun langsung di Bandara King Abdul Aziz (KAA) di Jeddah berjumlah 220 jamaah.

Ketua Kloter 1 Embarkasi Batam Zahid Deraman menyampaikan bahwa seluruh jamaah sejauh ini dalam keadaan sehat walafiat. Kalaupun ada jamaah lansia yang harus memakai kursi roda sejauh ini masih bisa ikut melaksanakan ibadah. Adapun karena adanya perbedaan cuaca antara di Indonesia dan di Arab Saudi mengakibatkan beberapa jamaah Haji terkena radang batuk, dan sejauh ini keluhan para jamaah masih bisa tertangani dengan baik oleh donter dan petugas kesehatan yang ada di masing-masing kloter.

“Alhamdulillah sejauh ini berjalan lancar. Kita selalu memberi himbauan kepada para jamaah agar menjaga kesehatan dan jangan terlalu lelah. Kita juga menghinbau para jamaah agar mengurangi aktivitas di luar ruangan jika tidak ada keperluan yang mendesak mengingat cuaca di Arab Saudi saat ini sangat panas. Rata-rata suhu mencapai 43-45 derajat,” kata Zahid.

Sebagai ketua Kloter, Zahid juga mengaku selalu melakukan koordinasi dengan petugas Sektor yang ada di Arab Saudi serta petugas Maktab. Dengan harapan proses ibadah Haji jamaah dari Kepri bisa berjalan lancar hingga masa pemulangan nanti.

“Komunikasi dan koordinasi kita lakukan secara inten dengan para petugas Haji yang ada disini. Binbingan ibadah juga rutin diberikan setiap selesai shalat lima waktu. Kami mohon doa agar  pelaksanaan Haji ini berjalan lancar sampai masa pemulangan nanti,” harap Zahid.

Gubernur Kepulauan Riau H.Ansar Ahmad menanggapi baik laporan ketua kloter 1 ini dan meminta kepada para jamaah tetap menjaga kesehatan selama di Tanah Suci dengan cara memperbanyak mengkonsumsi vitamin dan minum air putih.

“Semoga seluruh jamaah diberi kemudahan dan kelancaran dalam melaksanakan ibadah Haji tahun ini. Kami berharap semuanya sehat walafiat dan menjadi Haji yang mabrur dan mabruroh. Doakan juga agar Kepulauan Riau ini menjadi negeri yang damai dan makmur atau baldatun toyyibatun warobbul ghofur,” ujar Ansar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews