MTQH X Kepri Resmi Ditutup, Batam Sukses Pertahankan Juara Umum

MTQH X Kepri Resmi Ditutup, Batam Sukses Pertahankan Juara Umum

Kota Batam sukses mempertahankan gelar juara umum dalam ajang MTQH Kepri 2024. (Foto: ist)

Batam, Batamnews - Musabaqah Tilawatil Qur'an dan Hadits (MTQH) X Kepulauan Riau resmi ditutup pada Senin, 27 Mei 2024 malam di Dataran Engku Putri, Batam Centre. Kota Batam sukses mempertahankan gelar juara umum dalam ajang ini.

Pelaksanaan MTQH X Kepri berlangsung sukses sejak Senin, 20 Mei 2024 lalu. Dari hasil berbagai perlombaan, Kota Batam ditetapkan sebagai juara umum dengan meraih 191 poin.

"Alhamdulillah Batam sukses meraih juara umum MTQH X Kepri," ujar Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, usai menghadiri penutupan MTQH X Kepri.

Secara berturut-turut, tuan rumah Batam meraih poin dominan disusul Kabupaten Karimun dengan 73 poin, Tanjungpinang 55 poin, Lingga 51 poin, Bintan 31 poin, Natuna 24 poin, dan Anambas 19 poin.

Baca juga: Bunga Sisik Ikan Bintan Jadi Sorotan di MTQH Kepri di Batam

"Terima kasih untuk kafilah Batam yang sudah berjuang keras dan sukses mempertahankan Batam sebagai juara umum," kata Rudi.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota mengapresiasi semua pihak yang telah menyukseskan MTQH X Kepri di Batam. Ia berharap semua kafilah bisa terkesan selama mengikuti perlombaan di Batam.

"Sebagai tuan rumah, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut serta menyukseskan MTQH X Kepri di Kota Batam," ucap dia.

Rudi berharap dengan terselenggaranya MTQH X Kepri, semangat mempelajari Al-Qur'an terus tumbuh sejak dini. Ia mengaku penyelenggaraan MTQH X Kepri memberikan dampak positif bagi Kota Batam di bidang ekonomi hingga pariwisata.

Baca juga: Lingga Pamerkan Kekayaan Kuliner di MTQH Kepri 2024 di Batam, Ada Laksa hingga Mie Repet

"Berbagai lomba sudah selesai dilaksanakan, kami ucapkan selamat bagi para peserta," katanya.

Rudi melanjutkan, bagi pemenang, pihaknya mengucapkan selamat atas prestasi yang ditorehkan. Dan bagi yang belum berkesempatan menang, jadikan sebagai penyemangat untuk terus mengasah diri.

"Teruslah menjadi pribadi yang lebih baik, semoga para peserta semakin meningkat prestasinya," tuturnya.

Dengan selesainya MTQH X Kepri, diharapkan terbentuk kafilah Kepri terbaik untuk mengharumkan nama Provinsi Kepulauan Riau di tingkat nasional.

Baca juga: Mengekplorasi Stand Bazar MTQH Kepri 2024 di Batam, Banyak Kuliner Lokal

"Semoga Kafilah Kepri yang akan terbentuk bisa tampil maksimal di MTQH tingkat nasional dan bahkan tingkat internasional," ujarnya.

Untuk diketahui, MTQH X Kepri dipusatkan di Dataran Engku Putri dan berlangsung 20-27 Mei 2024. Ajang ini diikuti 817 peserta dari tujuh kabupaten/kota di Kepri.

Adapun cabang yang dipertandingkan meliputi Seni Baca Al-Qur'an, Qira'at Al-Qur'an, Hafalan Al-Qur'an, Tafsir Al-Qur'an, Fahmil Al-Qur'an, Syarhil Al-Qur'an, Seni Kaligrafi Al-Qur'an, Karya Tulis Ilmiah Al-Qur'an, Musabaqah Hadits Nabi, Eksibisi dan Qasidah Rebana.

Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina Rudi, yang juga Ketua LPTQ Provinsi Kepri, mengapresiasi semua pemenang. Ia berpesan agar peserta menyiapkan diri dengan matang menjelang MTQH tingkat nasional.

Baca juga: Unik, Lingga dan Bintan Bikin Stand Bazar Berbentuk Gasing dan Masjid Pink di MTQH Kepri 2024

"Semoga hasil MTQH X Kepri bisa membentuk kafilah Kepri terbaik untuk MTQH tingkat nasional nanti," ucapnya.

Penutupan MTQH X Kepri ditutup langsung oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan dihadiri sejumlah pejabat dan kepala daerah se-Kepri. Acara penutupan berlangsung meriah dengan penampilan dari sejumlah grup musik dan pembacaan ayat suci Al-Qur'an.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews