Gubernur Ansar Lepas 487 Jemaah Calon Haji Kloter 1 Embarkasi Batam

Gubernur Ansar Lepas 487 Jemaah Calon Haji Kloter 1 Embarkasi Batam

Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat melepas Jamaah haji dari Batam.

Batam, Batamnews - Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad secara resmi melepas jamaah calon haji (JCH) yang masuk Kelompok Terbang (Kloter) 1 Embarkasi Batam, bertempat di Aula Arafah 2 Asrama Haji Kota Batam, Minggu (12/5) dini hari. 

Tampak Turut hadir bersama Gubernur, Ketua TP PKK Kepri Dewi Kumalsari, Anggota DPR RI Komisi 8 H. Ahmad, Kepala Kanwil Kemenag Kepri Mahbub Daryanto, Kapolda Kepri Irjen Pol Yan Fitri, Sekda Kepri Adi Prihantara, para Asisten, Tim Percepatan Pembangunan, dan Kepala OPD Pemprov Kepri. 

Seperti diketahui, JCH yang masuk kloter pertama kali ini berjumlah 487 orang, yang semuanya berasal dari berbagai Kabupaten dan Kota yang berada Provinsi Kepri. Dengan rincian Kota Tanjungpinang 205 orang, Kabupaten Natuna sebanyak 61 orang, Kabupaten Bintan 82 orang, Kabupaten Lingga 41 orang, Kota Batam 93 orang dan Petugas Kloter 5 orang, dan adapun Jamaah Tertua berusia 85 tahun dan yang termuda berusia 18 tahun.

Jamaah calon haji ini akan terbang melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam sekitar pukul 07.00 WIB, menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines menuju Madinah, dan dijadwalkan tiba pada hari yang sama pada Minggu 12 Mei 2024 pukul 12.00 Waktu Saudi Arabia.

Untuk musim haji tahun 1445 H/2024 M, Embarkasi Batam akan melayani 12.298 jemaah yang dibagi menjadi 28 kloter. Diantaranya Kepulauan Riau ada 1.334 orang, Riau 5.273 orang, Kalimantan Barat 2.611 dan Jambi 3.071 orang.

Selain Embarkasi Batam, Kloter pertama yang akan terbang ke Arab Saudi berasal dari embarkasi Jakarta-Pondok Gede, Jakarta-Bekasi, Solo, Surabaya, Palembang, Banjarmasin, Kertajati, Lombok, Makassar, dan Padang.

Gubernur Ansar dalam sambutannya  mengajak semua jamaah calon haji, untuk terus bersyukur, karena telah terpilih sebagai tamu Allah SWT yang akan melaksanakan ibadah  rukun Islam kelima tahun ini.  

"Tidak semua dari kita yang dipanggil Allah SWT untuk melaksanakan ibadah haji. Karenanya patut bapak dan ibu semua syukuri karena bisa melaksanakan ibadah yang senantiasa diimpikan setiap umat muslim," katanya. 

Gubernur Ansar juga berpesan kepada semua jamaah calon haji, untuk senantiasa menjaga diri dengan baik dan peduli terhadap sekitarnya terutama kepada jamaah yang sudah lansia dan juga selalu fokus dalam mengikuti setiap rangkaian ibadah demi ibadah yang diarahkan oleh masing-masing pimpinan kelompok atau mutowifnya. 

"Dengan demikian semua akan bisa mengikuti setiap rangkaian kegiatan ibadah dengan baik dan khusuk nantinya. Dan jangan lupa doakan agar Tanah Air kita ini terutama Provinsi Kepri ini tumbuh menjadi tempat yang semakin baik yang dapat menjadi tempat tinggal yang mampu mensejahterakan seluruh warganya" pesan Gubernur Ansar. 

Terakhir, Gubernur Ansar mendoakan agar seluruh JCH dapat berangkat, menjalankan ibadah, hingga pulang ke tanah air dengan selamat dan diberi kelancaran oleh Allah SWT. 

"Akhirnya atas nama Pemerintah Provinsi Kepri dan juga pribadi, saya mengucapkan selamat melaksanakan ibadah haji, semoga semuanya dilancarkan oleh Allah SWT, dan bapak dan ibu semua bisa kembali ke tanah air dengan selamat, dan menjadi haji yang mabrur" tutupnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews