Liburan ke Batam? Ini 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi

Liburan ke Batam? Ini 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi

Jembatan Barelang di Batam. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Pamor Batam selama ini dikenal sebagai kota bisnis dan industri. Di Batam, banyak orang datang untuk urusan perdagangan ekspor impor, berburu barang elektronik murah atau berburu gadget murah. Tetapi wilayah ini juga menyimpan pesona alam yang tidak kalah dengan wilayah lain.

Beberapa pengelola travel agent bahkan mulai menggabungkan perjalanan wisata dengan tujuan Singapura dan Batam sebagai satu paket yang menarik. Apa saja obyek yang wajib anda kunjungi di sini? Silakan ikuti informasi berikut seperti dilansir wisatania.

Jembatan Barelang
Obyek ini merupakan singkatan dari Batam, Rempang dan Galang. Tempat ini menjadi sangat menarik dan patut dikunjungi oleh wisatawan karena menghubungkan pulau-pulau kecil yang tersebar di perairan ini. Totalnya ada 6 jembatan yang tergabung dan disebut Barelang. Proyek yang diprakarsai oleh mantan presiden Habibie ini dibangun pada tahun 1992 dan baru selesai setelah 6 tahun kemudian. Pengunjung bisa datang dan menikmati keindahannya di sore hari dari atas perahu atau bahkan malam hari untuk melihat keindahan lampu-lampu di atas jembatan. Yang unik adalah bentuk jembatannya yang konon jika malam hari dan saat lampu sudah nyala, anda serasa berada di atas sungai Chao Phraya yang merupakan obyek wisata romantis di Bangkok.

Kampung Vietnam
Pernahkah anda mendengar nama manusia perahu?, yaitu sekumpulan pengungsi yang hanya berbekal perahu sederhana yang berlayar dari Vietnam. Nah sebagian dari pengungsi tersebut terdampar di Pulau Galang. Memang saat ini keberadaan mereka sudah tidak ada di sana. Tetapi peninggalan mereka masih tersimpan rapi dan bahkan menjadi obyek wisata sejarah yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Ocarina Park
Theme park di pinggir pantai yang sangat indah di area perumahan mewah. Lokasinya berada di Coastarina Batam. Selain theme park, tempat ini menyediakan pemandangan pantai yang menawan dengan ikon tulisan Ocarina yang sering dijadikan latar foto. Jika anda pernah mengunjungi pantai Losari yang merupakan tempat menarik di Makassar, maka tulisan tersebut mirip dan selalu menjadi latar foto selfie para pengunjung.

Pantai Marina
Rasanya, siapapun yang datang berkunjung ke Batam, pasti menyempatkan diri untuk singgah ke pantai paling terkenal di pulau ini. Alasannya simple, di sini selain menjadi tempat wisata juga merupakan dermaga ferry penyeberangan, dan juga lokasi beberapa hotel ternama tempat para pengunjung bermalam. Suasana yang tercipta juga cukup apik tertata. Pantai Marina memiliki pemandangan dan taman yang menawarkan pesona tersendiri untuk liburan anda.

Bukit Senyum
Nama yang unik ini merupakan tempat wisata Batam yang cukup populer dan sering muncul dalam ulasan di media internet. Obyek yang berupa taman di ketinggian tertentu yang dapat melihat gemerlap lampu wilayah Singapura di seberangnya. Sangat disarankan datang ke sini jangan terlalu malam. Supaya kemeriahan yang terlihat di seberang dapat dinikmati secara maksimal. Menjelang malam, lampu-lampu yang terlihat mulai padam sehingga mengurangi kenikmatan anda berwisata malam sambil mencicipi cemilan.

Pantai Melayu
Lokasinya berada di pulau Rempang yang terhubung dengan Jembatan Barelang. Pantai pasir putih ini merupakan tempat yang paling sering yang dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun dari pulau lain karena biaya masuknya yang sangat murah. Dengan tiket seharga 5.000 rupiah per orang, anda sudah dapat menikmati keindahan matahari terbenam (sunset) yang terkesan eksotis sebagai latar obyek jembatan Barelang. Pada hari libur, kawasan pantai Melayu di Batam ini sangat ramai sebagai lokasi piknik yang sejuk walau di daerah pesisir pantai.

Pantai Melur
Obyek ini berada di sisi barat pulau Galang yang dapat ditempuh dengan jarak 45 kilometer atau kurang dari satu jam dari pusat kota Batam. Di tempat wisata berpasir putih ini, biasanya pengunjung datang untuk menikmati kuliner seafood yang dijual dengan harga murah. Selain itu melakukan aktifitas berenang dan volly pantai adalah yang sering dilakukan oleh wisatawan. Jika anda memiliki jiwa petualangan, anda juga bisa mengunjungi hutan di sekitar pantai Melur yang dulu sering dijadikan tempat persembunyian para pengungsi Vietnam.

Pantai Nongsa
Keindahan yang ditawarkan oleh pantai eloknya Batam ini adalah taman laut dan terumbu yang ada di dasarnya. Bagi anda yang suka diving, Pantai Nongsa sangat direkomendasikan. Selain menyelam, anda juga bisa menikmati keindahan pesisir dengan melakukan snorkeling. Sebenarnya, tempat ini popularitasnya diawali dengan penataan resort dengan lapangan golf yang cantik yang berada di tepi laut. Perkembangan ini berlanjut sehingga ada beberapa hotel besar yang menciptakan lapangan golf sendiri.

Batam City Square (BCS)
Mungkin anda berfikir bahwa ini merupakan tempat belanja yang sama saja dengan yang ada di wilayah lain. Tetapi jangan salah sangka dahulu. Karena, bagi siapapun yang pernah berwisata belanja di Singapura, lalu datang ke BCS ini pasti kaget. Karena sangat banyak barang branded yang ditawarkan dengan harga super murah.

Nagoya Hill Mall
Pusat perbelanjaan terbesar di wilayah Batam ini memang tidak semurah City mall. Tetapi bagi turis yang datang, pasti sangat puas berbelanja di sini. Karena di tempat ini segalanya ada. Dan ini juga merupakan obyek yang pasti dikunjungi oleh wisatawan. Namanya memang mirip dengan nama kota di wilayah Jepang, yang memiliki pusat perbelanjaan terbesar dan terlengkap yang berada di bawah tanah. Tentu saja agar berbeda, Nagoya Hill di Batam ini dibangun di atas tanah bukan di bawahnya.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews