Tips Aman Mobil Melewati Banjir dari Pebalap Rifat Sungkar

Tips Aman Mobil Melewati Banjir dari Pebalap Rifat Sungkar

Ilustrasi. (foto:ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID - Musim hujan biasanya selalu diwarnai dengan genangan air di jalan. Bagi pengendara roda empat atau roda dua, kondisi ini harus menjadi perhatian agar tidak terjadi kerusakan.

Mobil-mobil dengan ground clearance tinggi biasanya yang berjenis sport utility vehicle (SUV) akan lebih aman melewati genangan air. Tapi mobil yang lebih rendah, perlu waspada.

Aspek penting lainnya adalah mesin yang prima dan pengendara harus mencermati potensi genangan pada rute-rute yang dilewati.

"Time management penting apalagi (saat) musim hujan. Karena hambatan-hambatan lebih banyak di musim hujan," tutur pebalap nasional Rifat Sungkar seperti dilansir liputan6.

Bila terpaksa melewati jalan yang tergenang air, ada baiknya Anda memperhatikan sejumlah hal. Pertama adalah kenali kondisi jalan. Anda harus medan yang akan dilewati dan memperkirakan tinggi dari genangan. Tentu, ini dapat membantu mobil tak terendam air terlalu dalam sehingga menggangu saluran udara.

"Lihat filter udara ada di mana. Pastikan posisinya karena itu ketinggian maksimal banjir yang bisa dilewati mobil," saran Rifat Sungkar.

Kemudian, susuri bagian tengah jalan. Saat berkendara, posisikan mobil di bagian tengah yang permukaannya lebih tinggi. Dan jangan lupa mematikan AC untuk menghindari korslet pada bagian kelistrikan mobil.

Untuk mobil dengan transmisi manual, disarankan tidak menginjak kopling terlalu dalam. Disarankan setengah kopling dengan posisi gigi satu dan menjaga putara mesin pada 1.500-2.000 rpm.

Patut diingat, melewati genangan harus dengan kecepatan yang tidak terlalu cepat. Ini untuk mencegah ban slip dan memperbesar potensi cipratan air masuk ke ruang mesin.

"Kalau lewat banjir yang paling benar pelan-pelan saja," katanya.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews