Ini Bahaya Wanita Jadi Perokok Pasif

Ini Bahaya Wanita Jadi Perokok Pasif

Ilustrasi perokok pasif. (foto: ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID - Asap rokok tak hanya berbahaya bagi anak-anak dan janin dalam kandungan tetapi juga bagi wanita pada umumnya. Sebuah penelitian terbaru, mengungkapkan bahaya perokok pasif bagi wanita.

Disebutkan, perokok pasif berisiko mandul dan menopause lebih dini. Andrew Hyland, peneliti dari Roswell Park Cancer Institute, New York, mengatakan penelitian sebelumnya menemukan hubungan antara merokok dan kesehatan reproduksi pada wanita. Namun, lanjutnya, sangat sedikit penelitian yang mengaitkan merokok pasif dengan infertilitas dan menopause dini.

Hyland mengatakan, seperti dikutip Arab News, dibanding wanita yang tidak pernah merokok, wanita perokok pasif sangat mungkin tidak bisa hamil dan mengalami menopause sebelum usia 50 tahun.

Bersama tim risetnya, Hyland menganalisis data 88.732 wanita yang berpartisipasi dalam studi antara 1993 sampai 1998, saat peserta berusia antara 50 sampai 79 tahun.

Sebanyak 15 persen peserta mengatakan pada awal penelitian mereka menderita kemandulan setidaknya selama satu tahun. Sekitar 40 persen mengatakan mengalami menopause dini sebelum usia 50 tahun.
 
(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews