Dua Tanker Tabrakan di Batam

Kronologi Tabrakan Tanker di Perairan Batam - Singapura

Kronologi Tabrakan Tanker di Perairan Batam - Singapura

Kapal MV Stolt Commitment yang terapung di perairan dekat Pulau Sambu Batam. (foto: istimewa)


BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Kapal tanker MT Thorco Cloud V2FU6  bertabrakan dengan kapal tanker MV Stolt Commitment di perairan Internasional antara Batam dan Singapura atau sekitar 2 mil sebelah utara Pulau Sambu. Tabrakan terjadi pada Rabu (16/12/2015) sekitar pukul 19.13 WIB.

Dalam insiden tabrakan tersebut kapal tanker Thorco Cloud tenggelam. Kapal ini diketahui hendak menuju Pelabuhan Durban, Afrika Selatan dari Pelabuhan Batuampar, Batam, Kepulauan Riau. Sedangkan MV Stolt Commitment berlayar dari Singapura menuju Taiwan.

Kapal tanker Thorco Cloud saat ini tenggelam di perairan jalur internasional membawa 12 anak buah kapal (ABK), 6 diantaranya hilang. Kapal ini membawa muatan 40 pipa.

Sedangkan kapal MV Stolt Commitment mengalami kebocoran dan saat ini masih terapung di lokasi kejadian.

Kejadian ini diduga akibat kapal MT Thorco Cloud akan memotong alur pemisah lalu lintas ke alur jalur barat.

Kantor Pelabuhan Batam, Polair dan Lanal melakukan pengamanan di sekitar tabrakan. Selain pengamanan, juga melakukan koordinasi dengan SAR dan pihak Singapura untuk penanggulangan pencemaran karena salah satu kapal dikabarkan membawa minyak.

Demikian disampaikan oleh Kepala Kantor Pelabuhan Batam melalui Kabid Kesyahbandaran Capt. Mozes I Karaeng, dalam rilis yang diterima Batamnews.co.id, Kamis (17/12/2015).

(isk)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews