Ini Kata Bupati Bengkalis Soal Rekening Gendut Dirinya

Ini Kata Bupati Bengkalis Soal Rekening Gendut Dirinya

Bupati Bengkalis Herliyan Saleh

Bengkalis - Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh disebut-sebut sebagai seorang kepala daerah yang memiliki rekening gendut dan memiliki transaksi tidak wajar. Herliyan Saleh mengakui, ia, istri danan ak-anaknya mempunyai rekening namun ia menganggap nilainya wajar.

Herliyan menjelaskan, sampai saat ini belum mengetahui persis rekening mana yang diduga rekening gendut miliknya. "Kalau rekening daerah memang besar karena APBD Bengkali besar,'ujarnya.

Menurut Herliyan, ia, istri dan anak-anaknya mempunyai rekening. Tapi bukan dia dan keluarganya tidak memiliki tabungan dalam jumlah besar. Ia menganggap tabungan yang mereka punya dan jumlahnya wajar.

'Apa yang saya sampaikan ini dapat saya buktikan. Bisa saya pertanggungjawabkan dunia dan akhirat.

Tabungan saya hanya berasal dari penghasilan yang sah, seperti gaji dan pensiun,' papar Herliyan kepada sejumlah wartawan di kediaman resmi Bupati Bengkalis, Wisma Daerah Sri Mahkota, Senin (22/12/2014).

Herliyan menjelaskan, sebagai penyelenggara negara dia taat menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). 'Setiap tahun kewajiban penyampaikan LKHPN ini saya taat,' katanya.

Herliyan juga enggan berandai-andai mengenai isu rekening gendut itu ada hubungannya dengan Pilkada Bengkalis 2015 mendatang. 'Setahu dan seingat saya, saya tidak punya musuh atau lawan politik. Karena itu, saya tidak melihat ada benang merahnya antara keduanya. Tapi kalau mau dikait-kaitkan, ya bisa saja. Namanya juga dihubung-hubungkan,' ujar Herliyan.

Sebelumnya, Ketua KPK Abraham Samad mengungkap ada sejumlah kepala daerah dan mantan kepala daerah yang memiliki rekening gendut sebagaimana dilaporkan oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) kepada KPK.

Salah satu mantan kepala daerah yang dimaksud yakni mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo alias Foke.  Selain Foke, Abraham menyebut Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Alam juga masuk dalam sepuluh nama kepala daerah yang diduga memiliki rekening gendut. Nama Herliyan Saleh termasuk salah satu yang beredar.

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews