Pilkada Serentak 2015

REKOR! Kalahkan Jokowi, Inilah Paslon di Pilkada yang Raih Suara 97,69 Persen

REKOR! Kalahkan Jokowi, Inilah Paslon di Pilkada yang Raih Suara 97,69 Persen

Rekap suara untuk pasangan Aras Tammauni-Muh Amin Jasa di Mamuju Tengah. (foto:ist/kpu)


BATAMNEWS.CO.ID, Mamuju - Proses penghitungan suara pilkada di Indonesia masih berlangsung. Namun, gambaran pasangan calon yang unggul sudah terlihat. Siapa pemegang suara tertinggi di Indonesia?

Rekor raihan suara tertinggi ini terjadi di Pilkada Mamuju Tengah (Mateng), Sulawesi Barat (Sulbar).

Adalah pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Mateng nomor urut 2 Aras Tammauni-Muh Amin Jasa menang mutlak setelah memperoleh suara 97,69 persn, atau 81.263 suara.

Raihan suara yang nyaris 100 persen ini  berdasarkan tabulasi data C1 hasil rekapitulasi perhitungan suara di website resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU), yakni https://pilkada2015.kpu.go.id.

Sedangkan lawannya, paslon nomor 1 Haderana-Muhammad Amin hanya meraih suara 2,32 persen atau 1.923 suara. Data yang masuk sudah 100 persen dari 250 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 5 kecamatan.

Hasil ini tentu menjadi pencapaian tertinggi dari seluruh Pilkada Serentak 2015 yang digelar di Indonesia, Rabu (9/12/2015).

Meski belum ditetapkan secara resmi oleh KPU, namun hasil ini menjadi gambaran, jika pasangan nomor urut 2 memenangkan Pilkada Mamaju Tengah.

Sementara, pasangan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Blitar Moh Samanhudi Anwar-Santoso (Samson) dipastikan unggul mutlak atas pasangan jalur independent Muhsin-Dwi Sumardianto (Sinar).  

Dalam perhitungan cepat sementara PDI Perjuangan paslon besutan koalisi PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, PAN, Partai Hanura dan Partai Gerindra meraup suara kemenangan 92,27 persen.

“Rekor tertinggi kemenangan pilkada sebelumnya sekitar 92 %. Pak Jokowi dulu waktu menjabat wali kota Solo sekitar 91 %. Sementara perolehan kita sudah 92,27 % dan masih terus merangkak naik,“ ujar Cawawali Santoso kepada wartawan di Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Blitar, Rabu (9/12/2015).

Paslon Samson berharap besar bisa memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia Dunia (MURI).

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews