Kuota Impor Sapi Diperkirakan 700 Ribuan Pertahun. Cukupkah?

Kuota Impor Sapi Diperkirakan 700 Ribuan Pertahun. Cukupkah?

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Kuota impor sapi di Indonesia pada tahun 2016 diperkirakan 700.000 ekor. Hal ini disampaikan Menteri Pertanian Amran Sulaiman beberapa waktu lalu.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Peternakan, Juan Permata Adoe berpendapat, besaran kuota tersebut sudah cukup bila berkaca pada realisasi impor sapi bakalan dalam 2 tahun terakhir.

"Saya berpendapat bahwa angka 700 ribu ekor adalah jumlah sapi yang memang sudah terjadi di tahun lalu dan tahun 2015 ini," ujarnya, rabu (9/12/2015).

Juan mengaku gembira dengan kebijakan baru dalam penetapan kuota impor sapi per tahun. Sebelumnya, kuota impor sapi ditetapkan per tiga bulan. ‎

Dengan penetapan sekaligus per tahun, importir sapi bisa membuat perencanaan usaha yang jelas dan mendapat kepastian.

‎"Terima kasih kepada pemerintah, ini sebuah terobosan kebijakan dalam hal kepastian berusaha sehingga kami pengusaha mempunyai perencanaan tahunan yang jelas dan pasti," kata Juan.

Dia menjelaskan, penetapan kuota yang jelas sejak awal tahun membuat pengusaha memiliki waktu persiapan lebih panjang untuk men‎gimpor sapi. Sapi yang didatangkan bisa lebih murah karena importir punya waktu lebih panjang untuk memilih sumber pasokan dan menegosiasikan harga.

Pasokan sapi juga lebih terjamin karena bisa dipesan sejak jauh-jauh hari, tidak mendadak.

"Ini sebuah langkah maju dari sisi kebijakan yang memberikan kepastian dalam perencanaan importasi tahun 2016," ucapnya.

Sumber: Detik

[rul]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews