Uang Rp 2,5 M yang Dibawa Kadinsos Natuna Disebut Hanya Titipan, Ini Dia Pemiliknya

Uang Rp 2,5 M yang Dibawa Kadinsos Natuna Disebut Hanya Titipan, Ini Dia Pemiliknya

Ketua Panwaslu Natuna, Lindawati (tengah) bersama Kapolres Natuna dan Kajari Ranai menggelar jumpa pers terkait temuan uang miliaran rupiah di Serasan. (foto: C. Fox)

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Kapolres Natuna, AKBP Amazona Pelamonia mengatakan, pihaknya tidak bisa membuktikan jika uang Rp 2,5 miliar yang ditemukan di Serasan akan digunakan untuk serangan fajar ataupun money politic.

Uang itu sebelumnya dibawa oleh Kadinsosnaker Natuna, Kamarudin dari Ranai ke Serasan dengan dimasukkan ke dalam kardus dan diangkut bersama kapal penumpang KM Bahari 5.

"Memang uang itu diamankan saat itu, karena anggota kami di Serasan sedang memeriksa barang penumpang. Anggota curiga itu uang palsu. Namun ternyata itu uang asli. Dari keterangan yang kami ambil, ternyata uang itu titipan dari salah seorang pengusaha di Ranai," terang Amazon.

Menurutnya, dari pengakuan Kamarudin, uang itu merupakan titipan dari pengusaha berinisial Rb untuk membeli lahan di Serasan.

Sementara, terkait kebenaran keterangan saksi dan sinkronisasinya, Kapolres menegaskan masih terus diselidiki. Begitupun apa keterkaitan Kamarudin dengan Rb.

"Namun pastinya kami tidak bisa membuktikan itu uang untuk money politic. Kecuali saat uang itu dibagi-bagikan ke masyarakat dan tertangkap tangan. Terkait adanya pembelian lahan itu sudah kami juga memintai keterangan saksi-saksi," ujar Amazon.

Dalam keterangan tersebut tidak dijelaskan luas lahan yang akan dibeli, apa kaitan Kamarudin dengan pengusaha Natuna berinisial Rb.

Begitu juga alasan Kamarudin membawa uang sebanyak itu dengan kardus, apakah untuk menghindari pajak transfer dan sebagainya.

Polisi hanya menegaskan pihaknya masih terus menyelidiki. Uang Rp 2,5 miliar tersebut hingga saat ini masih diamankan di Polres Natuna.

(fox)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews