6 Tipe Pengguna Smartphone di Indonesia. Anda Termasuk yang Mana?

6 Tipe Pengguna Smartphone di Indonesia. Anda Termasuk yang Mana?

BATAMNEWS.CO.ID - Menurut hasil penelitian Vserv, terdapat 6 tipe pengguna smartphone di Indonesia. penyedia platform mobile marketing dan commerce itu mengelompokkan pengguna smartphone dalam lima persona (semacam profil pengguna).

Enam persona itu adalah: rakus data, penggemar game, pengguna utama, iseng/awam, pembicara dan Bintang Sosial. Ternyata, persentase terbanyak pengguna smartphone di Indonesia berdasarkan penelitian itu adalah pengguna dengan persona rakus data.

1. Rakus Data

Sebanyak 20 persen pengguna smartphone di Indonesia masuk dalam golongan ini.

Konsumsi data yang dilakukan golongan ini mencapai 249 MB per hari. Ini termasuk dari WiFi (109 MB) dan layanan data operator (140 MB).

Golongan ini menghabiskan waktu menggunakan ponsel sebanyak 126 menit per hari. Dengan waktu-waktu utama di malam hari (jam 19-22).

Aplikasi favorit mereka, sudah bisa diduga, adalah YouTube. Menyusul kemudian aplikasi browsing UC Browser dan toko aplikasi Google Play.

2. Gamer

Persona berikutnya dari pengguna smartphone Indonesia adalah gamer alias penggemar game. Porsinya mencakup 19 persen.

Golongan ini menghabiskan waktu bermain game di smartphone hingga 91,2 menit per hari.

Dari sisi konsumsi data, masih cukup besar dengan angka 179 MB per hari (96 MB seluler; 83 MB WiFi).

Game kesukaan mereka? Clash of Clans, LINE Lets Get Rich dan Hay Day.

3. Pengguna utama

Pengguna Utama smartphone di Indonesia adalah 17 persen. Tipe ini menghabiskan waktu memakai smartphone paling banyak, dibanding persona lainnya, dalam hal ini mencapai 155 menit.

4. Pembicara

Golongan Pembicara terdiri dari 15 persen. Tipe ini adalah kelompok "bawel" yang menghabiskan hingga 10 menit per hari untuk menelepon (baik panggilan selular maupun voip).

5. Awam

Golongan Awam terdiri dari 15 persen. Tipe ini adalah pengguna yang paling minim memanfaatkan smartphone setiap harinya, hanya 108 menit. Menariknya, golongan ini diperkirakan berusia 36 tahun ke atas.

6. Bintang Sosial

Golongan Bintang Sosial terdiri dari 14 persen. Mungkin sudah bisa diduga, tipe ini adalah yang gemar "bersarang" di media sosial. Dengan aplikasi kegemaran: Facebook, twitter dan Path.

Vserv menggandeng Nielsen dalam penyusunan laporan tersebut. Laporan itu berdasarkan pengumpulan data pada 1.600 relawan di seluruh Indonesia selama 3 bulan.

Sagar Phadke, Direktur Eksekutif, Consumer Insights, Nielsen Indonesia, mengatakan pengetahuan akan pengguna smartphone di Indonesia ini bisa bermanfaat bagi para pemasar untuk menyusun strategi yang efektif.

Pranab Punj, Associate Vice President, Global Marketing, Vserv, mengatakan bahwa pesan yang disampaikan perusahaan bisa lebih relevan dengan mengetahui dan fokus pada persona pengguna yang tepat.

Sumber: Kompas

[rul]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews