Begini Sakralnya Prosesi Pemakaman Pangeran Tunku Abdul Jalil

Begini Sakralnya Prosesi Pemakaman Pangeran Tunku Abdul Jalil

Sultan Johor Sultan Ibrahim Iskandar mencengkeram tangan anaknya , Tunku Mahkota Johor Tunku Ismail di pemakaman Tunku Abdul Jalil di Mahmoodiah Kerajaan Mausoleum, Minggu (6/12/2015) . (Foto: Zulkarnain Ahmad Tajuddin).

BATAMNEWS.CO. ID, Johor Bahru - Tunku Laksamana Johor Tunku Abdul Jalil Sultan Iskandar dimakamkan di Royal Mausoleum di Mahmoodiah Muslim Cemetary, Minggu pukul 03:10 waktu setempat.

 

Ritual terakhir untuk Tunku Abdul Jalil dilakukan oleh Johor Islam Dewan Keagamaan ( MAIJ ) penasihat Datuk Noh Gadut.

 

Tampak kerumunan telah berkumpul di pemakaman ketika mobil jenazah kerajaan membawa jenazah Tunku Abdul Jalil tiba di 02:00 setelah diarak tiga kilometer dari Istana Besar

 

Hujan yang turun tidak menghalangi orang-orang untuk hadir dan menyaksikan upacara . Sultan Johor Sultan Ibrahim Sultan Iskandar sebelumnya memimpin prosesi pemakaman.

Tunku Mahkota Johor Tunku Ismail dan Tunku Temenggong Johor Tunku Idris memandu keranda jenazah Tunku Abdul Jalil ke dalam mobil jenazah kerajaan. (Foto: Zulkarnain Ahmad Tajuddin)

 

Saudara laki-lakinya Tunku Panglima Johor Tunku Abdul Rahman dan saudara laki-laki lain dalam keluarga kerajaan juga ikut dalam mobil jenazah kerajaan. 

 

Undangan dan pejabat lainnya mengikuti di belakang mobil jenazah kerajaan, yang ditarik oleh 20 orang.

 

Sultan Johor, Sultan Ibrahim Iskandar memeluk putrinya Tunku Puteri Johor, Tunku Tun Aminah, setelah mengantar Tunku Abdul Jalil ke peristirahatan terakhirnya.di Mahmoodiah Kerajaan Mausoleum. (Foto: Zulkarnain Ahmad Tajuddin). 


Sejumlah orang berjajar di rute yang akan dilewati mobil jenazah kerajaan yang melintas di Jalan Ayer Molek. Tunku Abdul Jalil meninggal di bangsal Rumah Sakit Sultanah kerajaan Aminah di 07:11 Sabtu lalu. Dia meninggal di usia masih 25 tahun. 

Tunku adalah anak keempat dari enam bersaudara. Akhir tahun lalu, Tunku Jalil divonis mengidap kanker hati stadium 4.

Kabar kematiannya diumumkan oleh Dewan Johor presiden Royal Court, Datuk Abdul Rahim Ramli, kemarin. Tunku Abdul Jalil pada akhir tahun lalu dan menjalani transplantasi hati pada 10 Desember 2014 di Rumah Sakit Afiliasi Pertama Sun-Yat-Sen University di Guandong, Cina. 

 

sumber: New Straits Times

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews