Pilkada Serentak 2015

AWAS! Kotak Suara Rawan Ditukar di Jalan, Begini Modusnya

AWAS! Kotak Suara Rawan Ditukar di Jalan, Begini Modusnya

KPU Batam mulai mendistribusikan kotak suara. (foto: edo)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tak lama lagi digelar. KPU-KPU di kabupaten/kota sudah mulai mendistribusikan kelengkapan pilkada seperti kotak suara, kertas, tinta dan sebagainya.

Nah, proses pendistribusian kotak suara inilah yang paling rentan dan rawan penyelewengan. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengungkapkan pengalamannya.

"Calon membuat kotak suara palsu. Lalu di desa terpencil ditukar di tengah jalan. Sehingga ketika sampai di kecamatan sudah berubah," kata Mahfud dilansir tvOne, Sabtu (5/12/2015).

Mahfud mengatakan, modus seperti itu pernah terjadi di salah satu daerah dekat Jakarta. Ia mengaku pernah mendapati kasus seperti itu saat memimpin MK dahulu.

"Mereka membawa kota suara yang sama besarnya. Persis dengan yang asli," ujarnya.

Menurut Mahfud, tindakan curang itu bisa dilakukan dengan bantuan dari oknum penyelenggara pemilu di lapangan.

"Mungkin sudah janjian. Ketemu di suatu jalan. Misalnya saat mau menyeberangi sungai, naik perahu. Nah, di dalam itu kotak suara ditukar," ceritanya.

Perbuatan jahat itu terungkap setelah kotak-kotak suara yang asli akhirnya ditemukan di sungai. Barang bukti lalu dikirim ke Jakarta untuk menjadi alat bukti dalam sidang di MK. "Orang mencari kemenangan dengan cara tidak bermoral," ucap Mahfud.

(ind/viva)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews