Tujuan Wisata Kelas Dunia, Jokowi Bentuk Badan Otorita Danau Toba

Tujuan Wisata Kelas Dunia, Jokowi Bentuk Badan Otorita Danau Toba

Hotel-hotel di pinggiran Danau Toba, Sumatera Utara. (foto: ist/pedomanwisata)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Ini kabar gembira bagi warga di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara. Presiden Jokowi segera mengukuhkan kawasan itu menjadi Otorita Kawasan Danau Toba. Pemerintah akan menjadikan danau terbesar di Asia Tenggara ini sebagai pusat wisata kelas dunia.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli, Selasa (23/11/2015) mengatakan, pembentukan Badan Otorita Danau Toba akan diteken Presiden Jokowi pada Desember bulan depan. "Sebelum akhir tahun sudah ada Keppres tentang badan otoritas pariwisata Danau Toba,” katanya, Selasa (24/11/2015).

Dengan pembentukan badan ini, industri pariwisata di delapan kabupaten sekitar Danau Toba akan hidup dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Menteri Rizal mengatakan, jika sektor pariwisata hidup lapangan kerja akan terbuka luas. “Lapangan kerja sektor parawisata saat ini ada tiga juta orang. Dalam lima tahun kita inginkan menjadi tujuh juta,” katanya.

Disebutkannya, tugas Badan Otorita Danau Toba akan bertanggung jawab untuk memastikan akses ke destinasi wisata memadai. "Kita perlu sadari wilayah Indonesia sangat indah, pilihan wisatanya banyak, namun infrastrukturnya tidak memadai," ujar dia.

Kemudian, otoritas tersebut juga akan memberikan pendampingan bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UKM) di kawasan wisata agar dapat berkompetisi di pasar.

(ind/bbs/mc)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews