TNI AU Borong Jet Tempur Baru Tahun Depan, Ini Jenisnya

TNI AU Borong Jet Tempur Baru Tahun Depan, Ini Jenisnya

Sukhoi SU-35 dan F-16 Viper. (foto: ist/artileri)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - TNI Angkatan Udara akan membeli banyak peralatan perang atau alat utama sistem persenjataan baru mulai tahun depan. Berbagai jenis persenjataan canggih akan mengisi jajaran tempur TNI AU.

Pengadaan arsenal baru ini akan dilakukan mulai 2016 hingga 2019 mendatang. Alutsista baru yang disasar salah satunya satu skuadron pesawat tempur pengganti F-5E/F Tiger II di Skuadron Udara 14 TNI AU. Disebut-sebut calon penggantinya adalah Sukhoi Su-35 atau F-16 Viper. Kedua merek ini sudah lama disebut, namun sampai sekarang kontrak pembelian belum pernah ditandatangani.

"Kami akan membeli pesawat tempur yang generasinya lebih modern di atas sekarang yang dimiliki TNI AU. Pesawat jenis F-16 juga yang lebih canggih dari sebelumnya atau jenis Sukhoi tipe 35," kata Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Agus Supriatna usai melantik lulusan Sekolah Pembentukan Perwira TNI AU 2015 di Pangkalan Udara Utama TNI AU Adi Sumarmo, Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (20/11/2015).

TNI AU juga akan membeli helikopter angkut, pesawat angkutan berat C-130 Hercules dan pesawat terbang multi fungsi antara lain dapat digunakan untuk SAR serta pemadam kebakaran yang dapat membawa air hingga 15 ton.

"Kami juga akan menambah pemasangan alat radar untuk menjaga kedaulatan wilayah Negara Kesatuan republik Indonesia. Pada 2016-2019 banyak peralatan akan dibeli dan kondisi baru dan lengkap," ujar jenderal bintang empat itu.
 
(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews