Usir Tikus di Rumah dengan 5 Cara Sederhana Ini

Usir Tikus di Rumah dengan 5 Cara Sederhana Ini

BATAMNEWS.CO.ID - Banyak tikus berkeliaran di rumah memang menjengkelkan. Bukan hanya merusak pakaian atau funiture saja, tetapi tikus di rumah juga dapat membahayakan kesehatan.

Mengusir tikus memang tidak mudah dan merepotkan.

"Namun bukan berarti kita harus kalah dengan tikus. Ada banyak cara efektif yang bisa menghalau kehadiran tikus di rumah," ujar Marketing Communication PT Rentokil Initial Indonesia, Chrysti Apriany, Rabu (18/11/2015).

Chrysti selanjutnya memberikan lima langkah efektif yang bisa membantu mengusir tikus dari rumah sebagaimana diuraikan berikut.

1. Kenali keberadaan tikus

Lubang dan liang adalah tanda keberadaan tikus. Periksa area rumah, apakah terdapat lubang yang
Segera benahi dan tutup lubang tersebut untuk mencegah tikus balik ke sarangnya.
Kotoran tikus dan bau yang tidak sedap juga bisa merupakan tanda keberadaan tikus. Selain itu, perhatikan apakah terdapat jejak kaki dan jejak lemak tikus (smear).

2. Kelola sampah dengan baik

Jangan biarkan sampah berceceran di area rumah. Pastikan juga tempat sampah yang Anda punya masih layak pakai dan tertutup dengan baik, bila perlu bersihkan secara berkala.

Pengangkatan sampah dari rumah juga harus tepat waktu, jangan biarkan sampah di rumah menumpuk terlalu lama.

3. Bersihkan area rumah

Bersihkan lantai secara rutin, termasuk ruang dapur.
Selain itu jangan lupa membersihkan peralatan dan buang sisa makanan sehabis masak.
Kemas sisa makanan yang masih terpakai dengan baik dan letakan di tempat yang aman dari tikus.

4. Tutup celah masuk tikus

Celah ini terdapat pada rongga bawah pintu, celah masuk kabel pada dinding, celah jendela, maupun celah pipa paralon. Perlu diketahui bahwa tikus dapat melewati lubang sebesar 1,2 cm berbekal tulang belakang yang fleksibel.

5. Rapikan barang-barang

Susun dengan baik barang-barang. Kondisi barang yang berantakan biasanya banyak terdapat di gudang dan memancing kedatangan tikus.

Rapikan barang terutama di area gudang dengan menyusun barang secara sistematis. Caranya, masukan barang yang berceceran ke dalam wadah lalu susun rapi.

Tumpukan barang seharusnya tidak boleh menempel ke tembok, ini untuk meminimalisasi ruang gerak tikus serta mempermudah memantau pergerakannya.

 

Sumber: Kompas

[rul]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews