Sirkuit Sentul Dirombak untuk MotoGP 2017, Ini Rinciannya

Sirkuit Sentul Dirombak untuk MotoGP 2017, Ini Rinciannya

Perkiraan lay out baru Sirkuit Sentul, Bogor. (foto: ist/net/kompas)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Indonesia bakal jadi tuan rumah MotoGP 2017. Pemerintah dan pihak pengelola Sirkuit Sentul mulai membahas rencana perombakan sirkuit tersebut.

Salah satu fasilitas terpenting ialah Sirkuit Sentul, arena digelarnya balapan. Untuk menunjukkan keseriusan, sirkuit yang pernah menggelar MotoGP pada 1996 dan 1997 itu akan mulai direnovasi pada Desember 2015.

Sirkuit yang mulanya memiliki panjang 3,9 km akan menjadi 4,4 km dan memiliki 14 tikungan. Jika tidak aral melintang, The New Sentul Circuit bisa digunakan pada Januari 2017.

Direktur International Sentul Circuit, Tinton Soeprapto mengatakan, mulai Desember 2015 mendatang Sirkuit Sentul akan dirombak. Renovasinya tidak akan dilakukan secara menyeluruh, tetapi secara bertahap.

"Kita mulai dari bangunan-bangunannya dulu, seperti stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) akan dihancurkan dan bangunan-bangunan lainnya juga. Kita belum menghancurkan lintasan di Desember nanti," kata Tinton.

Meski Tinton tak mau menyebut berapa besaran uang yang harus dikeluarkan untuk merenovasi Sirkuit Sentul, yang pasti dibutuhkan dana besar untuk menjadikan sirkuit yang berada di Kabupaten Bogor masuk kategori layak versi Federasi Balap Motor Internasional (FIM). Sentul yang saat ini berupa sirkuit permanen, akan berubah layaknya Sirkuit di Monaco.

Sirkuit Sentul nantinya akan dikelilingi hotel yang akan dibangun di sana. Persis layaknya Sirkuit Monaco yang lebih dikenal Sirkuit Montreal.

"Mulai bulan depan, tembok akan kami robohkan. Sementara pada April kami baru mengganti aspal. Bila kami ganti sekarang, aspal berpotensi rusak karena sudah mulai musim penghujan," jelas Tinton di Gedung Dewan Pertimbangan Presiden, Kamis (19/11/2015).

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews