6 Cara Kendarai Mobil Melewati Banjir

6 Cara Kendarai Mobil Melewati Banjir

BATAMNEWS.CO.ID - Musim hujan telah tiba. Tandanya harus bersiap menghadapi banjir. Termasuk banjir di jalan.

Masalah akan semakin besar jika genangan air tinggi, disertai arus yang lumayan deras. Jika Anda salah trik, bersiaplah ke bengkel. Mungkin kerusakan fatal bisa terjadi.

6 hal berikut ini harus Anda perhatikan ketika melewati genangan air.

1. Cari dataran yang paling tinggi
Anda harus mengenal kondisi jalan yang akan Anda lewati dan memperkirakan tinggi dari genangan. Ini dapat membantu mobil tidak terendam air terlalu dalam sehingga mengganggu saluran udara dan air masuk ke knalpot.

2. Susuri bagian tengah jalan
Bagian tengah jalan biasanya permukaannya lebih tinggi.

3. Matikan AC
Untuk menghindari korslet pada bagian kelistrikan mobil, disarankan untuk mematikan AC saat menerobos genangan.

4. Jangan injak kopling terlalu dalam
Bagi pengguna mobil bertransmisi manual, disarankan untuk tidak menginjak kopling terlalu dalam. Usahakan setengah kopling dengan posisi gigi satu dan menjaga putaran mesin di kisaran 1.500-2.000 rpm.

5. Melaju pelan
Mengemudikan terlalu cepat, dapat mengakibatkan ban slip dan cipratan air masuk ke ruang mesin. Belum lagi, gaya berkendara ini juga membuat pengemudi di sekitar menjadi tidak nyaman.

6. Jangan memaksakan keadaan
Jika tidak terlalu mengenal medan yang tergenang banjir, sangat disarankan untuk tidak mencoba atau menerobosnya karena risiko tinggi di depan mata, entah jalan yang berlubang besar atau justru jika mengendarai terlalu pinggir bisa terperosok ke saluran air.

Sumber: Detik

[rul]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews