Jeritan Warga Lebanon Diperlakukan Beda dengan Bom Paris

Jeritan Warga Lebanon Diperlakukan Beda dengan Bom Paris

Bendera Libanon (Foto: elephanjournal.com)

SAYA DARI LEBANON.

Sulit bagi saya memperkenalkan diri sebagai seorang penulis. Saya perlu ide untuk memperkenalkan kata-kata yang mudah dan singkat. Tapi untuk pertama kalinya, pengenalan saya ini ternyata tidak sesulit apa yang saya pikirkan.

"Saya dari Lebanon."

Lebanon adalah negara kecil yang berdiri di antara Suriah dan Israel. Luasnya 10.452 kilometer persegi, jadi, sulit mencari di peta.

Pertama kali, kami mengungkapkan keprihatinan kami terhadap Paris, setelah serangan teror kemarin.

Semua orang tahu apa yang terjadi di Paris dan korban tewas dari serangkaian serangan terencana.

Dan sebaliknya, izinkan saya untuk memberitahu Anda, apa yang setengah dari dunia "tidak" tahu, atau mungkin memilih untuk mengabaikan.

Dua bom bunuh diri terjadi kemarin (dua hari lalu) di Southern Beirut. Empat puluh orang tewas dan 200 luka-luka. Toko rusak, banyak keluarga yang tewas.

Kami tidak mampu berkata-kata. Saya menonton berita serangan di Beirut dan membayangkan melihat program berita yang terus berjalan, seperti peristiwa di Paris. Ketidakamanan kami telah terus-menerus merasa di Beirut kini telah kembali lebih kuat dari sebelumnya. 

Kami berpikir bahwa serangkaian pemboman yang terjadi di negara kita selama enam tahun telah terakhir. Tapi rupanya tidak.

Serangan Paris yang sama waktunya dengan Beirut, mengingatkan saya pada satu pertanyaan yang mengejutkan: Bagaimana dunia bereaksi secara berbeda terhadap Paris dan Lebanon?

Saat membuka Facebook, tak lama setelah peristiwa di Paris, terdapat menu khusus berupa pilihan pemeriksaan keamanan bagi mereka yang tinggal di Paris. Itu membuat lidah saya kelu.

Facebook juga memberi saya pilihan untuk mendukung Perancis dengan mengubah gambar profil saya untuk mamasang benderanya. Presiden dari negara-negara di seluruh dunia menjadi gila tweet dan posting tentang serangan di Perancis.

Tapi di mana negara-negara lain yang telah menderita selama berdiri? Mengapa mereka lupa? Mengapa orang-orang di Timur Tengah tidak memiliki berniat melihat saat serangan bom terjadi? 

Mengapa tidak ada pilihan untuk mengubah gambar profil Anda untuk bendera negara kami selama serangan? Dunia mungkin mengklaim bahwa kita sudah terbiasa. Mereka seolah yakin, bahwa Timur Tengah adalah tempat "teror" hidup. 

Padahal kita masih pergi ke pekerjaan-paling kami yang di jantung kota Beirut, ibukota Lebanon. Kami masih pergi keluar untuk makan malam di Beirut. Meskipun kita hidup di tengah-tengah apa yang orang sebut "teror," kita hidup itu berani dan cukup baik.

Liputan media menyebabkan orang untuk percaya bahwa Timur Tengah, terutama Lebanon, berada dalam keadaan kondisi berbahaya. Itu sebabnya ketika serangan terjadi, itu dianggap "cukup normal." Media menggambarkan keadaan normal negara lain sebagai damai dan kekerasan gratis.

Saya ingin mengingatkan Anda bahwa semua negara di dunia menghadapi serangan setiap hari dan kematian tidak adil tapi kami hanya tidak selalu tahu itu. Kita tidak tahu tentang mereka karena mereka tidak menunjukkan kepada kami. 

Jadi, ketika serangan besar terjadi, karena itu membuat orang kaget dan membuat kita bertanya: Bagaimana bentuk kedamaian itu?

Yang pasti adalah, perdamaian di Timur Tengah sama halnya seperti apa yang dirasakan Eropa. Tapi kenapa media menuliskannya secara berbeda.

Sudah saatnya untuk berhenti dualisme media.

Media massa telah menjelaskan pada negara-negara tertentu secara menyeluruh menghancurkan orang lain. Ini bukan serangan terhadap Paris. Ini bukan serangan terhadap Beirut. 

Ini adalah serangan terhadap kemanusiaan. Ini adalah bagaimana kita harus melihat itu. Setiap hari, di suatu tempat di bumi yang luas ini, ribuan orang dibunuh. Dan masih, kita membagi serangan seakan rakyat Eropa lebih berharga dibandingkan di Timur Tengah.

Para pemimpin dunia harus memahami bahwa orang yang tak berdosa di Paris, yang telah tewas, sama dengan mereka yang kehilangan nyawa di negara-negara yang penuh teror dan kekerasan. 

Tapi kenapa tidak ada yang berkabung? Tidak ada yang mendukung mereka. Ini satu serangan malam tunggal di Paris telah menjadi norma konstan di Lebanon selama 30 tahun terakhir. Apakah ada yang mendukung kami? Tak seorangpun.

Ketika kita akan memahami bahwa semua kehidupan di bumi ini dihitung? Setiap negara yang menghadapi tragedi harus memiliki "Saya Aman" pilihan di Facebook. Setiap jiwa yang dibunuh harus mendapatkan hashtag juga. 

Orang, politisi dan terutama media seharusnya tidak acuh tak acuh terhadap setiap kematian. Kita harus berkabung terhadap setiap kematian manusia dalam serangan itu, tidak terkecuali, tidak ada alasan.

Mari kita berdoa untuk Beirut seperti kita berdoa untuk Paris.

Mari kita berdoa untuk seluruh dunia yang luas ini. Mari kita lihat masing-masing satu sama lain sebagai manusia yang sama; tidak ada perbedaan.

Mari kita berhenti dualisme media. Mari kita menjadi satu dalam melihat sebuah arti kematian.

Elyane Youssef, penulis Lebanon.

 

sumber: elephantjournal.com

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews