Serangan di Paris

Kronologi Serangan Mengerikan Tewaskan 140 Orang di Paris

Kronologi Serangan Mengerikan Tewaskan 140 Orang di Paris

Suasana panik di Gedung Teater di Bataclan saat penyerangan. (foto: ist/reuters)

BATAMNEWS.CO.ID, Paris - Tragedi mengerikan di Paris, Prancis, Jumat (13/11/2015) malam waktu setempat. 140 korban dinyatakan tewas. Lebih dari 100 korban tewas atas penembakan di Bataclan dan 40 lainnya di lokasi berbeda di sekitar Prancis.

Selain rentetan penembakan, polisi setempat mengatakan, ada ledakan hebat di dekat stadion Paris. Para pelaku juga menyandera sejumlah orang. Setidaknya tercatat ada enam insiden kekerasan secara terpisah di Paris pada Jumat malam.

Lokasi kejadian tepatnya di Stadium State de France, Gedung Konser Bataclan, Rue Bichat, Av. de la Republique, Bd. Voltaire, Rue Charonne, Bld Beaumarchais.

Berikut kronologi insiden tersebut, seperti dikutip dari laman Telegraph, Sabtu 14 November 2015.

21:09
Seorang pria tak dikenal melakukan tembakan di sebuah restoran dan menyebabkan sejumlah orang tewas dan luka-luka. Diketahui pelaku menggunakan senapan Kalashnikov. Polisi mulai melakukan penjagaan.

21:42
Polisi gabungan melaporkan korban tewas sebanyak 20 orang, tetapi tidak diketahui apakah serangan masih berlanjut atau tidak. Ada dua ledakan bom bunuh diri di luar stadium utama State de France, di mana tim sepakbola Prancis sedang bertanding melawan tim Jerman, belasan orang ditemukan tewas.

21:48
Saksi mata mengatakan, orang-orang bersenjata menyandera belasan orang di gedung konser Bataclan (serangan tembakan kedua). Gedung konser berdekatan dengan kantor Charlie Hebdo, yang dulu pernah diserang oleh kelompok militan. Di gedung konser ini korban terbanyak. Diperkirakan melebihi 100 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka.

23:02
Presiden Hollande mengumumkan melalui televisi dan radio bahwa keadaan darurat untuk Prancis akan segera dideklarasikan. Militer dikerahkan.

23:35
Tiga orang bersenjata dan mengenakan jaket antipeluru mulai melakukan penembakan di tengah-tengah konser di gedung Bataclan. Ada sekitar 1.000 orang di sana. Tiga pria bersenjata membantai ratusan orang secara satu per satu dengan senapan mesin.

23:55
Tiga pelaku dilaporkan tewas oleh polisi gabungan di Bataclan. Seorang ditangkap hidup-hidup. Empat polisi Paris dilaporkan tewas. Terjadi ledakan bunuh diri di gedung konser ini.

Sabtu
Hingga saat ini, dilaporkan sudah ada delapan orang pelaku teror di Paris, yang tewas dalam tragedi di Paris.

Dilansir laman Independent, Sabtu 14 November 2015, dari hasil investigasi pihak keamanan Paris terungkap, dari delapan pelaku teror yang tewas, tujuh di antaranya tewas karena ledakan bom dari rompi yang mereka pakai saat melakukan penyerangan bom.

Empat dari tujuh pelaku bom rompi tewas, setelah meledakkan diri mereka sendiri di gedung konser Bataclan.

Sedangkan tiga lainnya tewas terkena ledakan, setelah sempat ditembak polisi setempat di dekat stadium State de France.

Dan, satu pelaku penyerangan tewas di sebuah jalan di barat Kota Paris karena tembakan polisi.

(ind/berbagai sumber)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews