Pastikan Rem Kendaraan Anda Berfungsi Maksimal dengan Cara Ini

Pastikan Rem Kendaraan Anda Berfungsi Maksimal dengan Cara Ini

Ilustrasi: Kemdukbud

BATAMNEWS.CO.ID - Rem kendaraan merupakan "alat vital" agar kendaraan dapat dijalankan dengan aman. Rem berfungsi untuk mengendalikan kecepatan, memaksa menghentikan laju kendaraan ketika dalam keadaan darurat. Jika rem tidak berfungsi maksimal, nyawa adalah taruhannya.

Untuk itu, pengguna kendaraan harus memastikan kondisi dan fungsi rem sebelum mengadakan perjalanan dengan kendaraan. Caranya adalah sebagai berikut.
1. Lakukan pemeriksaan sistem pengereman secara berkala

“Salah satu yang tidak boleh diabaikan yaitu cek sistem pengereman, ini salah satu yang wajib dilakukan, demi keselamatan berkendara. Paling tidak secara berkala setiap 10.000 km sekali harus diperiksa performanya. Agar tidak mengalami masalah ketika di jalan,” ujar Saiful Anwar, Wakil Kepala Bengkel Plaza Toyota Pemuda, Jumat (23/10/2015).

2. Periksa kondisi kanvas

Saiful melanjutkan, pengecekan berkala itu untuk memeriksa apakah kondisi kanvas rem masih bisa digunakan atau sudah saatnya diganti. Nantinya mekanik yang akan memprediksi bagaimana seharusnya.

3. Periksa minyak rem setiap 40.000 km sekali

Selanjutnya, minyak rem harus mengalami pergantian di setiap 40.000 km sekali.
“Selain kanvas rem, yang perlu diperiksa dan diganti yaitu minyak rem. Penggantian ini termasuk dalam skala servis besar, biasanya dilakukan di 40.000 km,” ujar Saiful.

4. Kuras reservoir minyak rem

Lebih dari itu, lanjut Saiful, ketika proses pengantian minyak rem, tangki reservoir minyak rem juga harus dikuras. Kemudian dihilangkan angin dan air yang ada pada sirkulasi minyak rem. Karena, dalam jangka waktu 40.000 km tersebut, mungkin ada angin dan air yang masuk ke dalam saluran tersebut.

Sumber: Otomania

[rul]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews