Jelang MotoGP Valencia

Diam-diam, Valentino Rossi Punya Misi Khusus di Valencia

Diam-diam, Valentino Rossi Punya Misi Khusus di Valencia

Valentino Rossi. (foto: ist/afp)

BATAMNEWS.CO.ID, Valencia - Pertarungan memperebutkan gelar juara dunia MotoGP dipastikan akan berlangsung sengit. Valentino Rossi sendiri mempunyai misi pribadi di Valencia yang menjadi puncak perburuan gelar bersama rekan setimnya di Yamaha, Jorge Lorenzo.

Ternyata diam-diam The Doctor ingin menyamai rekor pribadi yang pernah dibuatnya pada musim 2008 lalu. Saat itu ia berhasil meraup semua poin dari semua seri yang diikutinya. Berbeda dengan pesaingnya, Lorenzo yang catatan prestasinya musim ini ternoda setelah gagal di San Marino.

Catatan Rossi pun masih lebih baik dibandingkan Marc Marquez. Pembalap Honda yang kini terlibat perseteruan terbilang lebih buruk dari sisi capaian meraih poin. Ia sudah enam kali gagal meraup poin setelah terjatuh.

Selain rekor pribadi Rossi, seri pamungkas MotoGP musim ini pun mencatat sejumlah sejarah. Berikut ini data dalam angka soal GP Valencia seperti dikutip MotoGP.

343 – Johann Zarco akan mencetak rekor pembalap terbanyak meraup poin di kelas Moto2. Kalau pun ia hanya finis di posisi 12, tidak akan mempengaruhinya menggondol gelar juara dunia. Perolehan angkanya hanya terpaut tiga poin dibandingkan Tito Rabat yang meraih gelar juara dunia Moto2 tahun lalu dengan 346 poin.

100 – Kemenangan Dani Pedrosa di Malaysia merupakan kemenangan ke-100 pembalap Spanyol di MotoGP ((Jorge Lorenzo 39, Dani Pedrosa 28, Marc Marquez 24, Sete Gibernau 8, Toni Elias 1) sejak dilombakannya kelas premier pada 2002 lalu. Pembalap Spanyol paling banyak menjadi juara dunia MotoGP diikuti Italia 91 pembalao, Australia 40, Amerika Serikat 4, Brasil 3, Jepang 3.

100 – Yonny Hernandez tercatat di Valencia akan melakukan start ke-100. Sebelumnya di kelas Moto2 Hernandez telah melakukan 31 start sebelum pindah ke MotoGP pada 2012 dan akan mencoba melakukan start ke-69 di kelas premier.

99 – Sukses Dani Pedrosa meraih podium pertama di GP Malaysia membuatnya meraih 99 kali podium di MotoGP. Ia menjadi pembalap top yang selalu meraih podium di bawah Valentino Rossi yang telah mencapai 100 kali.

96 – Jorge Lorenzo yang meraih posisi kedua di GP Malaysia merupakan kali ke 96 di kelas MotoGP. Catatannya ini lebih baik dibandingkan Mick Doohan.

17 – Valentino Rossi dan Bradley Smith tercatat sebagai pembalap yang sudah 15 kali meraih angka di satu seri. Di Valencia ini Rossi akan mencoba menambah rekor pribadinya tersebut.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews