Beralih ke Ban Tubeless? Simak Kelebihan dan Kekurangannya

Beralih ke Ban Tubeless? Simak Kelebihan dan Kekurangannya

Ilustrasi pemasangan ban tubeless. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Ban merupakan komponen penting pada kendaraan bermotor, karena berkaitan langsung dengan gerak laju kendaraan. Pada umumnya, ban dibagi dalam dua jenis, yaitu ban biasa (tubetype) dan ban tubeless.

Banyak pengendara sepeda motor mengasumsikan bahwa ban tubeless jauh lebih baik bila dibandingkan ban biasa. Alhasil, banyak pemilik motor saat ini beralih ke ban tubeless.

Seperti dilansir WeloveHonda, ban tubeless dianggap memiliki kelebihan saat menginjak paku atau benda tajam lainnya, sehingga motor tidak mudah kempis dan masih dapat diajak jalan untuk mencari bantuan terdekat.

Kelebihan lainnya, ban tubeless lebih menggigit dan stabil jika dibawa menikung atau bermanuver pada kecepatan tinggi. Selain itu, ban tubeless juga lebih tahan bocor dan stabil pada kecepatan tinggi.

Karena kelebihan ini, pabrikan pun kini ramai-ramai menggunakan ban tubeless pada sepeda motor terbarunya.   

Meski hadir dengan sederet kelebihan, namun ban tipe tubeless juga memiliki sejumlah kekurangan.

Di antaranya, ban tubeless dianggap usia lebih pendek ketimbang ban tipe tubetype. Demikian dilansir WeloveHonda. Hal ini terjadi karena ban tersebut menggunakan compound yang lebih lunak.

Tak cuma itu, ban tubeless juga dinilai lebih keras dibanding ban biasa. Hal tersebut, terjadi karena struktur karetnya yang lebih tebal dan padat. Sehingga pada saat pengendara melewati jalan rusak, atau tidak rata, ban tubeless dinilai dapat merusak pelek, serta membuat ban cepat rusak dalam jangka waktu pemakaian tertentu.

Kekurangan lainnya, ban tubeless hanya bisa dipasangkan untuk pelek racing, sedangkan pelek jari-jari hanya bisa untuk ban biasa. Meskipun kini sudah terdapat teknologi yang bisa memasang pelek jari-jari dengan ban tubeless, bukan berarti pelek tersebut cocok, melainkan terlalu dipaksakan.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews