Kisah Ibu Masak Batu di Cianjur Saat Anak-anaknya Menangis Lapar

Kisah Ibu Masak Batu di Cianjur Saat Anak-anaknya Menangis Lapar

Kapolres Cianjur saat meninjau rumah keluarga Andun. (foto: ist/merdeka)

BATAMNEWS.CO.ID, Cianjur - Kisah satu keluarga di Cianjur, Jawa Barat benar-benar menyedihkan. Iyah (33) dan suaminya Andun Suherman (45) harus membesarkan tujuh orang putrinya dalam kondisi serba kekurangan.

Suatu hari, Iyah sampai memasak batu untuk mengelabui anaknya. Sebab, di rumahnya sudah tidak ada lagi persediaan makanan. Suaminya Andun bekerja serabutan dan tak ada penghasilan.

Kisah ini terjadi ketika anak Iyah yang masih kecil merengek lapar. Iyah bingung dan memutuskan memasak batu, berharap anaknya tertidur dan melupakan rasa laparnya. Akhirnya anak-anaknya terlelap tidur karena memang batu tak mungkin bisa dimakan.

Kabar tersebut lantas terdengar oleh Kapolres Cianjur AKBP Asep Guntur Rahayu. Hatinya terenyuh dan segera menemui keluarga Andun dan Iyah.

Dia segera menengok rumah Iyah dan Andun yang ternyata menumpang di tanah orang. Gubuk reyot mereka juga hampir roboh.

Guntur mengkoordinir bantuan makanan serta mengupayakan pembangunan rumah. Dia meminta tolong Kepala BPN Cianjur untuk urusan tanah. Pemilik tanah Kilin, kemudian rela menyumbangkan tanah 72 meter persegi untuk Andun dan keluarganya. Kilin diberi sertifikat atas seluruh tanahnya oleh BPN Cianjur.

Kemudian urusan tanah selesai, berlanjut pembangunan rumah. Dengan bantuan Perumnas bisa dibangun rumah tipe 36. Rumah yang layak bagi keluarga miskin itu tersedia.

"Pak Andun kerjanya serabutan, membantu warga sekitar. Rumahnya dekat perumahan itu," kata Guntur, Selasa (3/11/2015).

Guntur mengungkapkan, bersama donatur dipikirkan masa depan keluarga itu. Apalagi ada tujuh anak yang semuanya perempuan. Yang paling besar usianya 11 tahun.

Banyak juga donatur yang berdatangan sendiri memberi bantuan. Guntur juga percaya, warga sekitar rumah Andun akan menjaga keluarga miskin itu agar tidak memasak batu lagi.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews