Sanksi Valentino Rossi Berpeluang Besar Dibatalkan!

Sanksi Valentino Rossi Berpeluang Besar Dibatalkan!

Pertarungan Rossi dan Marquez di Sepang. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Swiss - Valentino Rossi belum menyerah untuk mengejar peluang merebut gelar juara musim ini.  Rossi mengajukan banding atas hukuman yang diterimanya terkait insiden dengan Marc Marquez di Sepang.

Media olahraga balap, crash.net menyebut Rossi kali ini mengajukan banding ke CAS (Court of Arbitration for Sport) atau arbitrase olahraga dunia, pada Sabtu (31/10/2015).

Crash menyebut, telah menerima keterangan pers dari CAS, yang mengonfirmasi bahwa Rossi mengajukan banding.

Banding ini adalah kesempatan banding terakhir dari Rossi. Sebelumnya, bandingnya ditolak oleh federasi balap motor dunia (FIM). Dalam banding tersebut, adapun yang diminta Rossi adalah, agar pengurangan poinnya dikurangi, dari 3 menjadi setidaknya 1 saja.

Hal ini diminta Rossi karena pengurangan 3 poin itu membuatnya start dari grid paling belakang pada MotoGP Valencia mendatang.

Asal tahu saja, regulasi FIM menyebut, pebalap yang sudah mengoleksi penalti 4 poin, wajib start dari grid paling belakang. Rossi, saat ini memang sudah punya penalti 4 poin.

Selain penalti 3 poin dari insiden versus Marquez di Sepang, Malaysia, Rossi mendapat penalti 1 poin dari insiden dengan Jorge Lorenzo di Misano, San Marino.

Di Misano, Rossi dianggap dengan sengaja merugikan Jorge Lorenzo.

Penyebabnya, saat kualifikasi, Rossi dituding sengaja mengurangi kecepatannya di Q3 babak kualifikasi, sehingga menahan laju Lorenzo. Lorenzo protes. Ia mengklaim, gara-gara Rossi, ia gagal meraih catatan waktu terbaik.

Kembali ke soal banding. Dikabulkan atau tidak, CAS, diperkirakan, paling cepat memberi jawaban untuk banding Rossi ini pada 6 November 2015 mendatang, atau dua hari jelang MotoGP Valencia.

Meski demikian, yang paling menarik, Rossi kini punya peluang untuk setidaknya tidak start dari grid paling belakang.

Ini karena, ada peluang bahwa CAS baru akan memberi jawaban setelah GP Valencia selesai.

Nah, andai hal ini benar terjadi, maka Rossi dipastikan batal start dari grid paling belakang.

Atau, dengan arti lain, hukuman start grid belakang untuk Rossi belum bisa berlaku, sebelum CAS memberi jawaban atas banding Rossi.

Jika CAS tidak mengabulkan banding Rossi, tapi jawaban CAS baru diberikan setelah GP Valencia, maka hukuman posisi start Rossi baru berlaku pada MotoGP musim 2016, atau setidaknya pada GP Qatar 2016.

Adanya kabar ini tentu jadi kabar baik, tak hanya buat fans Rossi, tapi juga buat fans MotoGP.

(ind/bbs/crash)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews