Begini Cara Memilih dan Menggunakan Oli yang Benar

Begini Cara Memilih dan Menggunakan Oli yang Benar

BATAMNEWS.CO.ID - Kendaraan, baik itu motor maupun mobil, membutuhkan oli untuk dapat dijalankan. Penggunaan oli yang tepat dapat menjaga kondisi kendaraan agar tetap prima.

Penggunaan oli yang tepat berkaitan dengan pemilihan jenis dan kualitas oli, serta pemakaian oli. Berikut adalah cara tepat memilih dan menggunakan oli kendaraan, sebgaimana dilansir dari otodetik.

1. Kenali jenis teknologi kendaraan dan topografi wilayah penggunaan

"Bagaimana cara memilih pelumas yang baik? Sebenarnya untuk memilih pelumas itu, kita harus mengenai terlebih dahulu teknologi kendaraan kita. Tahun berapa kendaraan kita diperkenalkan? Di daerah mana kita menggunakan kendaraan kita? Apakah macet atau tidak, karena kondisi ini juga mengharuskan kita harus tepat memilih pelumas," ujar Technical Service Engineer Motul for Indonesia, Salam Isadat. Pengetahuan tersebut berua untuk menentukan jenis oli yang dibutuhkan.

2. Pilih yang sintetiknya tinggi

"Baru sebelum memilih pelumas, kita harus tahu bahan dasarnya apa pelumas tersebut? Ingat semakin sintetik itu semakin bagus, akan semakin bagus terhadap panas," tambahnya.

3. Kocok terlebih dahulu

"Musuh pelumas itu ada 3, yaitu panas, udara, air. Air kan memang enggak akan masuk ke dalam mesin. Tapi kalau pelumas yang terlalu lama dalam mesin, jika didiamkan dalam waktu lama ini akan berembun. Selain itu kalau pelumas yang sudah lama dalam kemasan, saat menggunakannya itu harus dikocok terlebih dahulu, agar tidak mengendap di bawah. Terakhir jika pelumas kebanyakan juga tidak bagus, ini membuat mesin menjadi lebih parah bekerjanya," tambahnya.

[rul]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews