Beras Impor 1 Juta Ton Bakal Serbu Pasar Dalam Negeri

Beras Impor 1 Juta Ton Bakal Serbu Pasar Dalam Negeri

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Pemerintah telah membenarkan membuka keran impor beras dari Vietnam dan Thailand, guna menjaga harga dan stok beras pasca el nino yang menyebabkan kekeringan di Tanah Air.

Ketika dikonfirmasi kembali, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) memperkirakan bahwa beras impor mulai masuk ke Tanah Air, pada bulan November mendatang.

"Sekali lagi, (impor beras) untuk menjaga stabilitas harga dan stok nasional. Itu apapun harus dilaksanakan karena itu untuk menjaga rakyat. Itu (beras) kita sudah impor, nanti saya kira bulan depan bisa masuk," kata JK di kantor Wapres, Jakarta, Senin (26/10).

Hanya saja, kembali JK mengingatkan bahwa keran impor beras dibuka tidak dikarenakan kesalahan pertanian. Namun, akibat fenomena alam, yaitu panjangnya masa kekeringan.

Menurutnya, 10 persen sampai 20 persen kekeringan di areal pertanian seluruh Indonesia, akan sangat berpengaruh pada hasil pertanian di Tanah Air.

Kabar mengenai impor beras pertama diketahui dari pemberitaan media di Vietnam, The Saigon Times yang mengatakan bahwa telah tercapai kesepakatan impor beras antara Kementerian Perindustrian Indonesia dengan Kementerian Perdagangan Vietnam.

Dalam media tersebut, ditulis bahwa Vietnam memenangkan kontrak untuk memasok beras 1 juta ton ke Indonesia yang kan dikirim selama enam bulan, yaitu mulai Oktober tahun ini hingga Maret 2016.

Bahkan, Direktur Thinh Phat Co Ltd, Lam Anh Tuan memaparkan beras untuk Indonesia terdiri dari 750.000 ton dengan kualitas patahan 15 persen dan 250.000 ton beras dengan patahan 5 persen atau beras premium.

Sumber: beritasatu.com

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews