Inilah Cara Menambah Penghasilan dengan Kerja Sampingan

Inilah Cara Menambah Penghasilan dengan Kerja Sampingan

Ilustrasi sibuk bekerja. Sumber: lifehaker

BATAMNEWS.CO.ID - Ketika harga-harga melambung tinggi, kebutuhan terus bertambah, namun gaji sebagai pegawai atau pekerja dirasa kurang cukup, apa yang anda pikirkan? Mengeluh tidak akan menyelesaikan persoalan.

Anda bisa mulai memikirkan untuk mengambil pekerjaan sampingan. Jika anda bingung memilih pekerjaan sampingan seperti apa yang menguntungkan dan mudah dijalankan, simak saja tips menjalankan pekerjaan sampingan, sebagaimana dilansir dari ciputra-uceo berikut ini.

Tips 1: Ambilah pekerjaan sampingan yang sesuai dengan kemampuan dan waktu luang anda. Sebelum memutuskan, perhitungkan dulu berapa waktu luang yang Anda miliki dan berapa banyak waktu yang akan tersita untuk melakukan pekerjaan sampingan tersebut. Ingat, Anda memiliki pekerjaan utama. Semakin banyak perkerjaan sampingan yang Anda ambil maka semakin sedikit waktu yang Anda luangkan untuk pekerjaan utama Anda. Meskipun hasil yang Anda peroleh semakin banyak jika mengambil banyak pekerjaan sampingan, Anda tetap bertanggung jawab pada pekerjaan utama Anda.

Tips 2: Ambilah pekerjaan sampingan yang tidak bentrok dengan pekerjaan utama Anda. Sekali lagi, perhitungkan waktu pekerjaan utama anda. Tanggung jawab yang Anda miliki dalam pekerjaan utama Anda adalah prioritas utama. Jangan terlalu terlarut dalam pekerjaan sampingan Anda dan serta merta melupakan pekerjaan utama Anda. Sisihkan hanya beberapa jam untuk mengerjakan pekerjaan sampingan.

Tips 3: Ambilah pekerjaan sampingan yang tidak melanggar peraturan perusahaan Anda berkerja karena pekerjaan sampingan tersebut. Anda sebaiknya mengecek kontrak kerja apakah Anda boleh memiliki pekerjaan lain diluar jam kerja, contohnya jika Anda berkerja sampingan di hari sabtu dan minggu. Atau Anda boleh menanyakan atasan Anda mengenai hal tersebut tetapi berhati-hati sehingga Anda tidak dikira ingin pindah ke pekerjaan lain.

Tips 4: Ambilah pekeraan sampingan yang membuat anda nyaman. Jangan mengambil pekerjaan baru yang dapat menambah kadar stress Anda. Ingat, tujuan Anda untuk mengambil pekerjaan sampingan hanya untuk mengisi waktu luang sambil menghasilkan uang. Stres hanya berlaku untuk pekerjaan utama saja.

Tips 5: Cari pekerjaan sampingan yang sesuai dengan bidang dan kemampuan Anda. Tentu sangat menyenangkan untuk melakukan pekerjaan sampingan yang Anda bisa lakukan. Jika Anda bisa fotografi Anda bisa menjual jasa fotografi wedding atau sejenisnya. Atau jika Anda terbiasa mengatur-atur acara di kantor Anda bisa menjadi event organizer. Anda juga bisa mengambil pekerjaan sampingan yang Anda sukai sehingga Anda tidak terbebani untuk melakukannya.

Tips 6: Sekali-sekali ambil waktu untuk istirahat sambil menenangkan diri. Jika Anda sudah lembur seharian di kantor, Anda pelu mengambil waktu rehat sejenak dari kepenatan pekerjaan. Jangan sampai pekerjaan sampingan Anda mengambil waktu istirahat Anda. Ingat waktu istirahat berbeda dengan waktu luang. Gunakan waktu luang untuk beristirahat atau bekerja sampingan.

[rul]


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews