Berhenti di Tanjakan dengan Setengah Kopling? Begini Caranya

Berhenti di Tanjakan dengan Setengah Kopling? Begini Caranya

BATAMNEWS.CO.ID – Dalam kondisi tertentu, pengendara mobil harus berhenti di tanjakan. Misalnya saja ketika terjebak macet atau di parkiran. Pengendara mobil, khususnya pemula, biasanya akan merasa was-was.

Berhenti di tanjakan itu mudah. Ada banyak teknik berhenti di tanjakan. Selain menggunaan rem tangan, berhenti di tanjakan juga bisa dilakukan dengan menggunakan tehnik setengah kopling. Kuncinya adalah jangan gugup.

Caranya adalah, sebagaimana dilansir dari otosia.com, dengan mengombinasikan fungsi gas dan juga fungsi dari kopling. Langkah pertama, ketika sudah di tengah-tengah tanjakan, hentikan laju mobil dengan menginjak kopling sekaligus menahan gas. Gas yang ditekan tidak boleh terlalu dalam, tapi juga tidak boleh terlalu kecil. Harus pas, sehingga mobil bisa berhenti total.

Kalau ingin melangkah maju lagi, lepas pedal kopling secara perlahan dan seimbangkan dengan menambahkan tekanan gas. Setelah itu, mobil akan maju dengan perlahan, tergantung pengendalian kopling dan gas Anda.

Namun perlu diketahui, cara ini hanya bisa dilakukan jika dalam keadaan yang cukup singkat di tanjakan dan akan segera berjalan lagi. Umumnya dipakai untuk jalanan yang tidak terlalu menanjak tinggi.

[rul]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews