Pengusaha Tiongkok: Pegunungan Bukit Barisan di Sumatera Adalah Jajaran Gunung Emas

Pengusaha Tiongkok: Pegunungan Bukit Barisan di Sumatera Adalah Jajaran Gunung Emas

Jajaran Bukit Barisan di Pulau Sumatera. (foto: ist/kompas)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Indonesia menyimpan banyak sekali kekayaan alam yang diakui oleh para pengusaha luar negeri. Pengusaha mineral dan batubara (minerba) asal Tiongkok melihat Indonesia memiliki sumberdaya mineral yang besar di beberapa provinsi.

Potensi sumberdaya minerba di Indonesia, diperkirakan masih besar. Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua merupakan daerah yang deposit minerbanya masih besar. Nilai keekonomian dari masing-masing daerah termasuk Sumatera, Kalimantan juga beragam.

Pegunungan Bukit Barisan, Sumatera adalah jajaran gunung yang memiliki kandungan emas. Pegunungan Bukit Barisan, ibaratnya merupakan jalur-jalur yang menyimpan logam-logam emas.

Konsultan bisnis minerba dari Zhong Jia Exploration Tiongkok, Huang Dewei mengatakan, jalur emas terbentang dari ujung Sumatera, yakni Aceh sampai Lampung. Tambang emas masyarakat, ada tailing yang dimanfaatkan. Mereka ambil dari permukaan, yang kedalamannya 50 sampai 80 meter.

Mungkin hanya masyarakat setempat yang mampu, karena sudah terbiasa. Tetapi kalau perusahaan yang mengeksplorasi, pekerjanya dilengkapi mesin dan peralatan. Selain kemampuan modal bisa menentukan keberhasilan eksplorasi emas di Bukit Barisan.

Sama halnya kondisi di pulau Kalimantan, deposit mineral seperti mangan juga masih potensial. Ketika kegiatan pengeboran berlangsung, perusahaan bisa menentukan seberapa besar depositnya. Pengeboran tanah untuk mencari mangan di Bengkayang (Kalimantan Barat), lamanya pekerjaan sekitar 10 bulan.

"Kami harus sewa rumah penduduk, atau kepala desa. Kami juga jelaskan mengenai rencana investasi. Sehingga mereka terima ajakan kerjasama. Karena prinsipnya, mereka juga akan mendapat keuntungan. Kami minta lahan untuk eksplorasi. Setelah itu, kami akan mempekerjakan beberapa orang," kata Huang Dewei seperti dilansir inilahcom di Jakarta, Rabu (21/10/2015).
 
(ind/inilah)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews