Insiden Pelecehan Jurnalis

Kepala Kantor Pelabuhan Batam Ngaku Dimarahi Menteri Jonan

Kepala Kantor Pelabuhan Batam Ngaku Dimarahi Menteri Jonan

Demo puluhan jurnalis di Kantor Pelabuhan Batu Ampar. (Foto: Edo Alba)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Kepala Kantor Pelabuhan Batam Gajah Roseno akhirnya menggelar pertemuan dengan sejumlah perwakilan jurnalis yang menggelar aksi unjuk rasa di depan kantornya di Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, Senin (19/10/2015). Rosena dalam kesempatan itu mengaku ia sempat dimarahi Menteri Perhubungan Ignasius Jonan setelah insiden dengan jurnalis di meliput kegiatan menteri di pelabuhan Batu Ampar.

"Saya dimarah-marahi Pak Menteri, dia tanya kenapa itu bisa terjadi," ujar Roseno kepada perwakilan jurnalis di ruang pertemuan. Roseno mengatakan, Menteri Jonan tak ingin lagi kejadian serupa kembali terjadi. 

Menurut Roseno, memang tidak ada larangan untuk melakukan peliputan di acara Menteri Jonan, hanya saja terjemahan petugas Kesatuan Pengamanan Laut dan Pantai (KPLP) Batam berbeda. 

"Saya sudah ingatkan kepada penanggungjawab (Afrizal Tanjung) sebagai Kepala KPLP agar ini tidak terulang lagi," ujar Roseno.

Terkait insiden itu, kata Roseno, dirinya sudah memberikan teguran kepada Kepala KPLP dan menjatuhkan sanksi kepada petugas di lapangan yang menggunakan senjata api. "Izin penggunaan senjata apinya saya copot," ujar Roseno.

Roseno juga meminta maaf atas aksi tersebut dan menjami tidak terulang lagi di kemudian hari. "Saya meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada teman-teman. Karena jurnalis dan kami (kantor pelabuhan) merupakan mitra, yang membesarkan kami adalah teman media," kata Roseno.

Ada sekitar 40 jurnalis di Batam melakukan aksi unjuk rasa terkait larangan peliputan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Perwakilan yang menemui Roseno terdiri dari organisasi jurnalis di Kepri yaitu Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI) Batam, Aliansi Jurnalis Independe (AJI) Batam, serta Persatuan Wartawan Indonesia Kepri.

 

[alf/is]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews