Email Yahoo tak Lagi Gunakan Password, Ini Cara Terbaru

Email Yahoo tak Lagi Gunakan Password, Ini Cara Terbaru

Ilustrasi. (foto:ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Yahoo, pada Rabu (14/10/2015), mengumumkan akan menghapus mekanisme password atau kata kunci dari layanan emailnya. Untuk menggantikannya Yahoo memperkenalkan fitur Account Key, yang akan menghantar Anda ke email Yahoo hanya dengan pesan pendek.

"Kami akan mengenyahkan password," kata Dylan Casey, wakil presiden bidang manajemen produk Yahoo di San Francisco, Amerika Serikat. Kebijakan Yahoo ini merupakan salah satu cara untuk membuat layanan emailnya lebih mudah digunakan dan aman. Ya, password menurut para pakar keamanan internet adalah salah satu celah utama keamanan dunia maya.

Salah satu masalah utama dari password adalah banyak orang yang menggunakan kata-kata kunci sederhana pada akun emailnya dan menggunakan hanya satu password di situs-situs berbeda.

Kelemahan password terlihat dalam kasus peretasan Sony Pictures, situs perselingkuhan Ashley Madison, dan banyak kasus lainnya.

Berkat teknologi Account Key Yahoo, tak ada lagi password yang dimasukkan saat akan masuk ke email.

Caranya ketika mengakses laman mail.yahoo.com, Anda hanya diwajibkan memasukkan user name dan mengklik "continue". Setelahnya Anda akan menerima pesan dari Yahoo yang bertanya apakah Anda ingin masuk ke email. Anda selanjutnya hanya perlu menekan "yes" dan langsung masuk ke email Yahoo.

Fitur ini sebenarnya tak sama sekali baru bagi Yahoo, karena pada Maret lalu sudah memperkenalkan "password on-demand". Dengan layanan ini password tak diperlukan lagi dan Yahoo akan mengirimkan pesan pendek berisi password baru setiap kali Anda akan membuka email.

Untuk mengaktifkan fitur on demand ini, Anda diharuskan menyerahkan nomor telepon seluler pada Yahoo agar bisa dikirim SMS berisi password baru setiap kali akan log in.

Tetapi, menurut Casey, hanya 4 persen dari 225 juta pengguna email Yahoo yang menggunakan fitur on demand dan fitur ini akan segera dimatikan, digantikan dengan Account Key.

Cara menggunakan Account Key mirip dengan on demand. Anda harus log in ke email yahoo dengan password lama, masuk ke setting untuk mengaktifkan Account Key, dan menyerahkan nomor ponsel.

Jika Anda kehilangan ponsel, akun email Yahoo tetap bisa diaktifkan dengan password lama Anda.

(ind/bbs/suara)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews