Masjid Tertua di Batam, Ini Sejarah Masjid Raya Baitusy Syakur

Masjid Tertua di Batam, Ini Sejarah Masjid Raya Baitusy Syakur

Masjid Raya Baitusy Syakurdi Sei Jodoh, Batam. (foto: iskandar)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Bagi warga Batam, Kepulauan Riau, tentu sudah mengenal Masjid Raya Baitusy Syakur yang terletak di Sei Jodoh. Masjid ini disebut-sebut sebagai masjid tertua yang ada di Batam.

Menurut sejarah, sebelum didirikan pada lokasi sekarang di Sei Jodoh, masjid ini sudah ada tidak jauh dari lokasi saat ini dengan menggunakan bangunan kayu.

"Sebelum berdiri di sini pada tahun 1986-1988, masjid ini sudah ada tidak jauh dari lokasi sekarang dengan menggunakan bangunan kayu," ujar H Zaini Zakaria Ketua Pengurus Masjid Raya Baitusy Syakur, saat ditemui batamnews.co.id, Rabu (14/10/2015) sore.

Masjid Raya Baitusy Syakur terletak di tengah-tengah Kota Batam. Saat ini masjid ini diapit gedung-gedung tinggi seperti hotel, restoran dan perkantoran.

Sebelum didirikan, lokasi Masjid Raya Baitusy Syakur merupakan daerah perbukitan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya 7 makan keramat yang terletak di dalam kawasan masjid.

Saat ini Masjid Raya Baitusy Syakur terus melakukan perubahan dari bentuk awalnya. Bahkan, selain menjadi masjid tertua, Masjid Raya Baitusy Syakur menjadu ikon pariwisata di Batam, Kepulauan Riau.

"Karena terletak ditengah-tengah kota, kami selaku pengurus terus berupaya memperbaiki Masjid Raya Baitusy Syakur ini," kata Zaini Zakaria.

Sambung Zaini, dengan memiliki luas 900 meter persegi. Masjid Raya Baitusy Syakur mampu menampung jamaah sekitar 4.000 orang.

(isk)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews