Latihan Taichi di Batam Dipindahkan ke Lantai Dasar Mega Mall, Ini Sebabnya

Latihan Taichi di Batam Dipindahkan ke Lantai Dasar Mega Mall, Ini Sebabnya

Loashi Hertinus Chung memperagakan salah satu jurus Taichi. (foto: edo)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Kabut asap yang menyelimuti Batam dan sekitarnya membuat aktifitas warga terganggu. Seperti anggota Asosiasi Dong Yue Tai Ji Quan Indonesia (ADYTI) DPD Kepri, terpaksa menggelar latihan di lantai dasar Mega Mall Batam akibat kabut asap, Selasa (6/10/2015).

Latihan Taichi ini tetap digelar karena mereka akan mewakili Kepri dalam kejuaraan Taichi tingkat Nasional di Bali tanggal 8 Oktober ini.

 

Taichi merupakan olahraga kesehatan, juga bisa untuk membela diri yang berasal dari Tiongkok. Gerakan gemulai namun bertenaga itu memberikan kesehatan pada tubuh.

Guru besar atau biasa dipanggil Loashi, Hertinus Chung, yang juga pembina Asosiasi Dong Yue Tai Ji Quan Indonesia (ADYTI) DPD Kepri mengatakan bahwa mereka latihan di Mega Mall akibat kabut asap yang semakin parah, sedangkan latihan Taichi banyak mengolah pernapasan.

"Tidak mungkin kita latihan di luar, bukannya sehat, malah sakit jadinya akibat menghirup asap," papar Hertunus kepada Batamnews.co.id.

Pada hari biasanya anggota Taichi ini berlatih 3 kali dalam satu minggu, latihan saat pagi sekitar pukul 06.00 WIB.

Dalam perlombaan di Bali nanti, akan mempertandingkan beberapa jurus Taichi yang mengolah pernafasan. Anggota ADYTI pada umunnya sudah berusia tidak muda lagi. "Belum ada anak muda dalam ADYTI," papar Laoshi Hertunus Chung.

Ia juga menambahkan, kejuaraan di Bali bukan yang pertama kali, sebelumnya mereka juga mengikuti kejuaraan-kejuaraan tingkat Internasional dan meraih medali.

(edo)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews